Comscore Tracker

Ini Dia Deretan Doa Novena Paling Populer dan Tujuannya 

Doa-doa untuk memohon terkabulnya rahmat khusus

Doa Novena merupakan salah satu dari beberapa doa dalam agama Katolik yang populer atau sering dilantunkan banyak orang. Kata Novena sendiri bentuk feminim dari kata di bahasa Latin Abad Pertengahan, “novenus”, yang merupakan angka ordinal dari “novem”.

Dalam gereja Katolik sendiri, Novena adalah sebuah devosi yang terdiri dari banyak doa yang diucapkan selama sembilan hari berturut-turut. Ini adalah doa yang dipanjatkan untuk memohon terkabulnya rahmat khusus.

Di antara banyaknya doa Novena, terdapat doa-doa yang sering dipanjatkan oleh banyak umat Katolik atau yang paling populer di antara yang lain. Apa saja doa Novena yang paling populer tersebut? Mari, langsung kita simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Daftar Doa Permohonan Sesuatu kepada Tuhan dalam Agama Katolik

1. Doa Novena Tiga Salam Maria

Ini Dia Deretan Doa Novena Paling Populer dan Tujuannya Ilustrasi Novena (thenivbible.com)

Doa Novena yang satu ini menjadi doa Novena yang paling banyak dikenal oleh umat Katolik di dunia. Doa Novena Tiga Salam Maria diyakini oleh banyak umat Katolik, sebagai doa yang selalu dikabulkan oleh Allah Bapa Yang Maha Kuasa.

Doa Novena ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh pada jam yang sama setiap harinya, selama sembilan hari berturut-turut. Dalam melakukan doa Novena ini, kita dituntut untuk selalu konsisten dan selalu berusaha atas apa yang kita ingin capai atau dapatkan melalui Doa Novena Tiga Salam Maria ini. 

Doa yang dikabulkan dari Novena Tiga Salam Maria ini, harus diwartakan kepada orang lain, agar orang lain juga bisa mengamalkan doa khusus kepada Bunda Maria dan merasakan sendiri mukjizat dari doa Novena satu ini.

Tujuan dari doa Novena Tiga Salam Maria ini yaitu memohon pertolongan kepada Bunda Maria untuk mendampingi dan membimbing kita untuk melalui segala hambatan dan kesulitan yang terjadi di dalam hidup kita.

2. Doa Novena Hati Kudus Yesus

Ini Dia Deretan Doa Novena Paling Populer dan Tujuannya Hati Kudus Yesus (parokicikarang.or.id)

Doa Novena populer yang kedua yaitu Hati Kudus Yesus. Doa Novena satu ini dipanjatkan untuk menghormati Hati Kudus Yesus, yang merupakan lambang dari cinta ilahi kepada umat manusia. Devosi satu ini terkenal di kalangan Gereja Katolik Roma, Gereja Anglikan, dan Gereja Lutheran.

Doa Novena Hati Kudus Yesus pertama kali diperkenalkan oleh seorang biarawati asal Prancis yang bernama Marguerite Marie Alacoque. Dia mendapat penglihatan rohani, yaitu Yesus menampakan diri-Nya kepada Marguerite dan meminta biarawati tersebut untuk berdoa kepada hati-Nya yang Mahakudus.

Kemudian praktik doa Novena Hati Kudus Yesus ini semakin meluas dan dikenal luas oleh umat Katolik, terutama sejak Paus Paus Pius XII menerbitkan ensikliknya, Miserentissimus Redemptor.

3. Doa Novena St Antonius Padua

Ini Dia Deretan Doa Novena Paling Populer dan Tujuannya St. Antonius Padua (antoniusbudi9.wordpress.com)

Doa Novena paling populer yang terakhir yaitu St Antonius Padua. Antonius Padua, semasa hidupnya, merupakan orang kudus dari Ordo Fransiskan yang mengalami penglihatan rohani (vision) berulang kali. Hal itu didapatkannya karena keteladanan hidupnya yang sangat suci di mata Allah.

Sebagian umat Katolik, memanjatkan doa ini ketika sedang mengalami peristiwa kehilangan di dalam hidupnya. Namun bagi para muda mudi Katolik, doa Novena St Antonius Padua ini sering dipanjatkan untuk memohon petunjuk mengenai pasangan hidup. Meminta St Antonius Padua untuk membimbingnya untuk menemukan pasangan hidup yang sudah ditakdirkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Itu dia 3 doa Novena paling populer bagi umat Katolik di dunia. Doa di atas memiliki fungsi dan maksudnya masing-masing. Dan yang terpenting adalah, doa Novena harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan konsisten selama sembilan hari berturut-turut pada jam yang sama. Semoga doa kamu terkabul, ya!

 

Penulis: Geraldy Valentino Tjahjana

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya