Keutamaan Surat Al Waqiah dan Manfaat saat Membacanya

Membaca surah Al Waqiah akan dijauhkan dari kemiskinan

Jakarta, IDN Times - Al Waqiah merupakan salah satu surah dalam Al-Qur'an yang sering dibaca oleh Rasulullah SAW. Banyaknya keutamaan dan manfaat membaca surah Al Waqiah, menjadikan surah ini juga sangat populer di kalangan umat muslim.

Surah Al Waqiah merupakan surah ke-56 yang memiliki 96 ayat dalam Al-Qur'an. Surah ini biasanya dibaca oleh umat muslim agar terhindar dari kemiskinan.

Berikut keutamaan surah Al Waqiah dan manfaat membacanya secara rutin.

Baca Juga: 7 Keutamaan Surah Al Fatihah, Salah Satunya Jadi Penyembuh Penyakit

1. Dijauhkan dari kemiskinan

Salah satu keutamaan dan manfaat membaca surah Al Waqiah secara rutin yakni dijauhkan dari kemiskinan. 

ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺳﻮﺭﺓ اﻟﻮاﻗﻌﺔ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ ﻟﻢ ﺗﺼﺒﻪ ﻓﺎﻗﺔ ﺃﺑﺪا”. (اﺑﻦ اﻟﺴﻨﻲ ﻫﺐ) ﻭاﺑﻦ ﻋﺴﺎﻛﺮ ﻋﻦ اﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ

Artinya: Barang siapa membaca surah Al Waqiah tiap malam, maka tidak akan mengalami kemiskinan selamanya.

Umat muslim yang membaca surah Al Waqiah setiap malam akan mendapatkan pahala yang sangat besar, dan akan dijauhkan dari kemiskinan.

2. Tidak akan ditimpa kefakiran

Dalam hadis riwayat Al Baihaqi disebutkan:

ﻗﺎﻝ: ﺇﻧﻲ ﻗﺪ ﻋﻠﻤﺘﻬﻢ ﺷﻴﺌﺎ ﺇﺫا ﻗﺎﻟﻮﻩ ﻟﻢ ﻳﻔﺘﻘﺮﻭا، ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ: “ﻣﻦ ﻗﺮﺃ اﻟﻮاﻗﻌﺔ ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ ﻟﻢ ﻳﻔﺘﻘﺮ”

Artinya: Ibnu Mas’ud berkata, “saya telah mengajarkan sesuatu pada mereka, jika mereka membacanya tidak akan miskin. Saya mendengar Nabi SAW bersabda, barang siapa membaca surah Al Waqi’ah tiap malam maka ia tidak akan miskin.

3. Membantu melancarkan dan melipatgandakan rezeki

Diriwayatkan, membaca surah Al Waqiah secara rutin bisa melipatgandakan rezeki yang akan kita dapatkan. Sebagaimana disampaikan dalam hadis riwayat Ibnu Ady:

Apabila seseorang membaca Surah Al Waqiah sebanyak 14 kali setiap selesai menunaikan salat Ashar, maka orang tersebut akan mendapatkan balasan berupa kekayaan yang berlimpah dan tidak akan ada habisnya.

Oleh karena itu, sebagai muslim alangkah baiknya menyempatkan membaca surat Al Waqiah di tengah kesibukan, meskipun terasa berat.

4. Dilindungi dari kemudaratan Dunia

Ketika surah Al Waqiah dibacakan oleh seorang perempuan, maka mereka akan dilindungi dari kemudaratan dunia dan juga terhindar dari kemiskinan.

Baca Juga: 6 Tuntunan Al-Quran agar Lancar Dapat Kerja dan Rezeki

5. Al-Waqiah adalah surah kekayaan, ajarkanlah kepada anak dan isteri

Rasulullah sendiri sudah menyampaikan bahwa surah Al Waqiah juga merupakan surah kekayaan, sebagaimana hadis di bawah ini:

Ibnu Mardawaih daripada Anas: Kasyf al-Khafa, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Surah Al-Waqiah adalah surah kekayaan. Hendaklah kamu membacanya dan ajarkanlah ia kepada anak-anak kamu.” Ajarkanlah surah Al-Waqiah kepada isteri-isterimu, karena sesungguhnya ia adalah surah kekayaan.” 

6. Membuat kehidupan menjadi tenang

Membaca surah Al-Waqiah juga akan membuat kehidupan kita menjadi tenang. Sebab, Rasul sudah menyampaikan kepada semua umat muslim bahwa satu huruf yang kita baca, akan diberi pahala dengan 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan. 

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan alif laam miim satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: 7 Doa Meminta Rezeki yang Lancar dan Penuh Keberkahan 

Hikmah

Allah memberikan umat muslim banyak jalan untuk mencari rezeki. Surat Al Waqiah bisa membantu dalam memperlancar rezeki. Tetapi sebagai umat muslim, ikhtiar ditambah dengan doa adalah hal yang paling utama. 

Selamat membaca surah Al Waqiah.

Penulis: Cynthia 

Topik:

  • Septi Riyani
  • Bella Manoban
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya