Comscore Tracker

7 Keutamaan Surah Al Fatihah, Salah Satunya Jadi Penyembuh Penyakit

Surah Al Fatihah dimuliakan, yuk amalkan banyak-banyak

Jakarta, IDN Times - Dalam Al Qur’an terdapat 114 surah yang seluruhnya berisi petunjuk hidup bagi umat muslim. Salah satu surah yang dimuliakan yakni surah Al Fatihah.

Surah Al Fatihah terdiri dari 7 ayat yang diturunkan di Makkah. Surah ini pun memiliki beberapa nama lain yaitu Ummul Qur’an, Ummul Kitab, as-Sab’ul Masani, al-Kafiyah, dan asy-Syifa.

Lantas apa keutamaan surah Al Fatihah? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Surah Abasa, Teguran Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW

1. Sebagai penyempurna salat

7 Keutamaan Surah Al Fatihah, Salah Satunya Jadi Penyembuh Penyakitillustrasi salat berjemaah (dok. IDN Times/bt)

Kewajiban umat muslim melaksanakan salat dengan tata cara yang benar dan sungguh-sungguh. Salat yang sempurna akan menjadi penyelamat di hari kiamat kelak.

Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barang siapa salat namun tidak membaca Ummul Qur’an (Al Fatihah), maka salatnya kurang, tidak sempurna.” (Muslim bin al-Hajjaj an-Naisaburi, Sahih Muslim).

Riwayat tersebut sejalan dengan makna surah ini sebagai pembuka Al Qur’an. Karena itulah, melewatkan surah yang satu ini di tiap rakaat membuat salat menjadi cacat.

2. Allah SWT akan mengabulkan hajat baik yang diminta hambanya

7 Keutamaan Surah Al Fatihah, Salah Satunya Jadi Penyembuh PenyakitIlustrasi berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Allah SWT begitu mencintai umat muslim yang beribadah hanya kepada-Nya, seperti mengamalkan surah Al Fatihah dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, surah golongan Al Makiyyah ini berisi soal keagungan Allah SWT sebagai Tuhan seluruh alam semesta.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah, “Sesungguhnya Allah telah berfirman, ‘Aku membagi (kandungan makna) surah Al Fatihah untuk-Ku dan untuk hamba-Ku menjadi dua bagian, kemudian Aku akan mengabulkan apa yang hamba-Ku pinta.”

Melalui surah Al Fatihah, Allah SWT menyeru kepada seluruh umat muslim agar datang dan bergantung kepada-Nya di situasi apa pun. Barang siapa yang menjadikan ayat-ayat tersebut sebagai wirid dengan penuh rasa ikhlas, niscaya Allah SWT akan mengabulkan hajat baik yang diminta.

3. Untuk menerangi dan melapangkan kubur

7 Keutamaan Surah Al Fatihah, Salah Satunya Jadi Penyembuh PenyakitTPU Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Saat seseorang meninggal, hanya amalan semasa hidup yang dibawa dan menjadi penyelamatnya. Sebagai tambahan bekal penolong di akhirat dan juga di alam kubur, umat muslim dapat melakukan wirid surah Al Fatihah 100 kali secara rutin.

Hal tersebut ditegaskan pada ayat kelima surah Al Fatihah yang berbunyi:

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

Iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn.

Artinya: Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan.

Melalui ayat tersebut, Allah SWT menyeru kepada seluruh umat muslim untuk datang dan memohon pertolongan kepada-Nya semata. Dengan niat sepenuh hati, tidak hanya untuk urusan dunia, namun juga mengharap kelapangan dan terang dalam kubur.

4. Sebagai obat penyembuh penyakit

7 Keutamaan Surah Al Fatihah, Salah Satunya Jadi Penyembuh PenyakitKorban gempa bumi bermagnitudo 6,2 di rawat halaman Rumah Sakit Regional Sulbar, Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (16/1/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Keistimewaan surah Al Fatihah dapat ditilik dari beberapa nama lain yang dimilikinya. Di antaranya yaitu asy-Syifa yang berarti penawar atau penyembuh (dari penyakit), serta ar-Ruqyah yang artinya menyembuhkan dari segala racun hewan, sihir, dan perbuatan syirik.

Seperti kisah salah seorang sahabat Rasulullah SAW yang sembuh dari sengatan kalajengking setelah dirukyah dengan bacaan Al Fatihah. Hal tersebut turut diriwayatkan oleh Abu Malik ibu Umair dalam kitab Fadhoil Suwar wa Ayat Qur’aniyah bahwa, “Surah yang menjadi pembuka dalam Al Qur’an ialah obat dari segala sesuatu, surah tersebut adalah Al Fatihah.”

Kisah tersebut ditujukan agar seluruh umat muslim yang tengah dilanda ujian seperti penyakit, agar banyak-banyak mengingat Allah SWT. Dengan memohon kemurahan-Nya sepenuh hati, niscaya lambat laun akan diringankan segala penyakitnya.

5. Dimudahkan dalam belajar dan menuntut ilmu

7 Keutamaan Surah Al Fatihah, Salah Satunya Jadi Penyembuh PenyakitIlustrasi belajar di rumah (IDN Times/Rochmanudin)

Sejak kecil kita sudah diperintahkan untuk berdoa sebelum belajar, meminta agar dimudahkan dalam menyerap ilmu pengetahuan. Salah satunya bisa dengan membaca surah Al Fatihah, di mana dimaksudkan agar kita mengawali segala sesuatu dengan mengingat Allah SWT, Sang Pemilik kehidupan.

Hal tersebut ditegaskan pada ayat pertama Al Fatihah yang berbunyi:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillāhir-rahmānir-rahīm.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.”

Allah SWT suka dengan hambanya yang selalu melibatkan-Nya dalam urusan duniawi. Karena sebaik-baiknya pembimbing dan pemberi petunjuk hanyalah Allah SWT.

Baca Juga: 3 Golongan Kaum Muslimin dalam Surah Al-Anfal Ayat 72

6. Dijauhkan dari bahaya dan perbuatan sesat

7 Keutamaan Surah Al Fatihah, Salah Satunya Jadi Penyembuh PenyakitIlustrasi Kisah Nabi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Salah satu nama lain surah Al Fatihah adalah as-Sab’ul Matsani atau tujuh ayat yang berulang-ulang. Melaluinya, Allah SWT memerintahkan secara langsung agar umat muslim memperbanyak bacaan surat ini.

Sebab, surah Al Fatihah sendiri memuat kebesaran Allah SWT seperti yang terkandung pada ayat 6 dan 7 yang berbunyi:

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ

Ihdinas sirātal-mustaqīm.

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

Sirātallażīna an'amta 'alaihim gairil-magdubi 'alaihim wa lad-dāllīn.

Artinya: Tunjukanlah kami jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan pula (jalan) mereka yang sesat.

Ayat tersebut secara khusus mengandung keutamaan surah ini, yang mana bila rajin diamalkan niscaya akan dijauhkan dari bahaya dan perbuatan sesat akibat godaan setan. Tidak dibenarkan umat muslim meminta perlindungan kepada selain Allah SWT.

Baca Juga: Surah Al-Hajj Ayat 7, Tafsir dan Hikmahnya

7. Sebagai penenang hati dan peredam emosi

7 Keutamaan Surah Al Fatihah, Salah Satunya Jadi Penyembuh PenyakitIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Hati yang tidak tenang serta perasaan mudah emosi sejatinya sesuatu yang disukai oleh setan. Penyebabnya, lantaran iman yang rendah sehingga tidak memiliki cukup tameng kesabaran dan mudah tersulut emosi. Surat yang memiliki nama lain Al Kafiyah atau pencukup ini dapat menjadi bacaan wirid saat dilanda kegelisahan.

Dengan membaca surat ini, sama seperti tengah berdoa, memanjatkan puji dan meminta ampunan kepada Allah SWT, Sang Pemilik Kehidupan. Hati dan pikiran yang terfokus kepada-Nya pun akan membuat lupa pada kegelisahan dan emosi.

Demikianlah keutamaan surah Al Fatihah bila rutin diamalkan. Sebagai surah yang dimuliakan dalam Al Qur’an, yuk mulai amalkan banyak-banyak dari sekarang.

Penulis: Langgeng Irma Salugiasih

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Septi Riyani
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya