Kumpulan Doa Membayar dan Menerima Zakat Fitrah 

Memanjatkan doa adalah bagian dari bentuk syukur

Jakarta, IDN Times - Amalan zakat fitrah merupakan suatu kewajiban seorang muslim yang juga bernilai ibadah di sisi Allah Subhana Wa ta'ala. Amalan ini tertuang pada rukun islam ke 4 tentang kewajiban hukum membayar zakat fitrah bagi seorang muslim.

Zakat fitrah bisa dibayarkan pada saat bulan Ramadhan sampai hari-hari menjelang idul fitri, dan berakhir ketika sholat Idul Fitri dilangsungkan. 

Dalil yang menyebutkan kewajiban berzakat fitrah adalah berbunyi sebagai berikut:

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا۟ لِأَنفُسِكُم مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِندَ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya:" Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan."

Baca Juga: Doa-Doa Penenang Hati agar Kamu Selalu Dilindungi Allah SWT

1. Ketentuan yang wajib membayar dan menerima zakat fitrah

Kumpulan Doa Membayar dan Menerima Zakat Fitrah Ilustrasi Zakat (IDN Times/Aditya Pratama)

Adapun syarat-syarat sah yang harus dipenuhi bagi pembayar zakat antara lain beragama islam, hidup dalam keadaan mampu secara materi dan mampu memenuhi kebutuhan pokok tanpa kekurangan hingga memasuki idul fitri, dan menemui waktu di antara bulan Ramadhan dan Syawal. 

Apabila merujuk pada Surat At Taubah ayat 60, kriteria orang-orang yang berhak menerima zakat, di antaranya adalah golongan fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya (budak) gharimin, fisabilillah (orang yang berjuang di jalan Allah), dan ibnu sabil. 

Oleh karenanya, setiap penerima ataupun pembayar zakat sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah menerima ataupun membayar zakat agar keikhlasan masing-masing pihak dapat diterima di sisi Allah Subhanahu Wa ta 'ala.

Adapun beberapa doa yang bisa dibaca setelah menunaikan kewajiban zakat fitrah adalah sebagai berikut:

2. Doa bagi orang yang membayar zakat fitrah

Kumpulan Doa Membayar dan Menerima Zakat Fitrah Ilustrasi zakat. (ANTARA/M Agung Rajasa)

Setelah membayarkan zakat, orang-orang yang membayar zakat biasanya akan dipandu oleh pengurus zakat yang ada di masjid untuk memanjatkan doa bersama agar amal ibadah zakat orang yang membayar tersebut dapat diterima Allah dan bernilai sebagai pahala yang besar. 

Berikut adalah lafal doa yang dibaca ketika usai menyerahkan pembayaran zakat:

Allahummaj-'alha maghnaman wa la taj'alha maghraman

Artinya:" Ya Allah, jadikanlah (zakatku) ini sebagai keberuntungan bagiku (untuk dunia dan akhirat) dan janganlah engkau menjadikannya sebagai denda )yang menimbulkan kegundahan di hatiku)."

Baca Juga: Wajib Ditunaikan Sebelum Idul Fitri, Ini Manfaat Bayar Zakat Fitrah 

3. Doa bagi penerima zakat fitrah

Kumpulan Doa Membayar dan Menerima Zakat Fitrah fajar.co.id

Adapun bagi orang-orang yang menerima zakat juga akan membacakan lantunan doa sebagai bentuk syukur atas rahmat dan keberkahan yang diperoleh. Berikut adalah pelafalan doa yang dilantuntukan penerima zakat usai menerima zakat fitrah:

Ajarakallahu fi ma a'thait. Wa ja'alahu laka thahuran. Wa baraka laka fi ma abqait.

Artinya:" "Semoga Allah memberimu ganjaran atas pemberianmu. Dan menjadikannya sarana penyucian bagimu. Serta memberimu keberkahan dalam harta yang masih ada padamu.

Itulah kumpulan doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan ibadah zakat fitrah pada saat bulan Ramadhan. Semoga kita semua dapat menunaikan kewajiban zakat fitrah dengan baik dan benar hingga membuahkan rahmat dan berkah dari Allah Subhanahu Wa ta 'ala.

 

Penulis: Raisah Zakiah

Baca Juga: Hukum Zakat Fitrah dengan Uang, Boleh Gak Sih? 

Topik:

  • Bella Manoban
  • Anata Siregar
  • Retno Rahayu
  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya