Comscore Tracker

Urutan Surah dalam Al Qur’an Juz 8, Lengkap dengan Keutamaannya

Surah Al An’am salah satu surah yang sangat dimuliakan

Jakarta, IDN Times - Sebaik-baiknya petunjuk hidup umat muslim yakni Al Qur'an yang memuat firman Allah SWT. Segala ketetapan dan hukum yang mengatur kehidupan duniawi dan akhirat telah diterangkan Allah SWT dalam Al-Qur'an.

Salah satunya melalui juz 8 yang memuat dua surah, yaitu Al An'am dan Al A'raf. IDN Times telah merangkum urutan surah dalam Al Qur'an juz 8, lengkap dengan keutamaannya, berikut ini.

Baca Juga: Keutamaan dan Manfaat Membaca Al Waqiah yang Disebut Surah Kekayaan

1. Surah Al An'am ayat 111-165

Urutan Surah dalam Al Qur’an Juz 8, Lengkap dengan Keutamaannyailustrasi Al Qur'an surat Al An'am (IDN Times/Langgeng Irma)

Juz 8 dibuka dengan lanjutan surah Al An’am mulai dari ayat 111 sampai ayat 165. Surah Al An’am memiliki arti “hewan ternak”. Surah ini diturunkan sebelum Rasulullah SAW hijrah dari Makkah ke Madinah. Karena itu, surat ini tergolong surat Makkiyah.

Mengenai asbabun nuzul (sebab atau latar belakang) surah Al An’am, Sufyan As Sauri meriwayatkan, Asma binti Yazid bercerita bahwa, “Surah Al An’am diturunkan kepada Rasulullah SAW sekaligus, sedangkan saat itu aku memegang tali kendali untanya. Sesungguhnya hampir saja surah ini mematahkan tulang-tulang unta yang dinaikinya, karena beratnya surah Al An’am yang sedang diturunkan.”

2. Surah Al A'raf ayat 1–87

Urutan Surah dalam Al Qur’an Juz 8, Lengkap dengan Keutamaannyailustrasi Al Qur'an surat Al A'raf (IDN Times/Langgeng Irma)

Surah kedua yaitu surah Al A'raf ayat 1–87. Terdiri dari 206 ayat, surah ini termasuk golongan surah Assab uththiwaal (tujuh surat terpanjang) di Al Qur’an.

Penamaan surah ini berasal dari kata al a’raf pada ayat 46 yang berarti “tempat tertinggi”. Makna tempat tertinggi sendiri merujuk pada tempat tinggi yang menjadi perbatasan surga dan neraka, di mana para Ashab Al A’raf (kelompok yang kebaikan dan keburukannya seimbang) dapat berinteraksi dan melihat kehidupan penghuni surga, dan juga segala penyiksaan di neraka.

Surah Al A'raf termasuk golongan surah Makkiyah, yakni diturunkan di Makkah. Beberapa kisah yang termuat dalam surah ini yaitu pertentangan antara Nabi Adam As dengan iblis, kisah Nabi Nuh As, Nabi Shaleh As, Syu’aib As dengan kaum-kaum mereka. Tidak ketinggalan pula perseteruan Nabi Musa As dengan raja Mesir Fir’aun.

3. Kandungan surah Al An'am ayat 111–165

Urutan Surah dalam Al Qur’an Juz 8, Lengkap dengan KeutamaannyaMasjidi Haram, Makkah, mulai dibuka untuk salat bagi warga Arab Saudi sejak ditutup karena pandemik COVID-19, tujuh bulan lalu, Minggu (18/10/2020). (ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS/pras.)

Surah Al An’am tidak hanya memuat ketetapan tentang hewan ternak, melainkan juga ketauhidan dan aturan pergaulan hidup sehari-hari. Berikut beberapa kandungan surah Al An’am:

  • Terdapat doa iftitah yang disunnahkan dibaca lirih setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca Al Fatihah. Ayat yang dibaca ialah ayat 79 dan 163.
  • Peringatan agar lebih berhati-hati dalam hidup bermasyarakat dan beragama.

وَاِنْ تُطِعْ اَكْثَرَ مَنْ فِى الْاَرْضِ يُضِلُّوْكَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗ اِنْ يَّتَّبِعُوْنَ اِلَّا الظَّنَّ وَاِنْ هُمْ اِلَّا يَخْرُصُوْنَ 

Wa in tuṭi' aksara man fil-ardi yudillụka 'an sabīlillāh, iy yattabi'ụna illazzanna wa in hum illā yakhrusụn.

Artinya: Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang di bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Yang mereka ikuti hanya persangkaan belaka dan mereka hanyalah membuat kebohongan. (QS. Al An’am: 116).

  • Lebih selektif saat makan daging agar tidak mendatangkan marabahaya.

فَكُلُوْا مِمَّا ذُكِرَ اسْمُ اللّٰهِ عَلَيْهِ اِنْ كُنْتُمْ بِاٰيٰتِهٖ مُؤْمِنِيْنَ 

Fa kulụ mimmā żukirasmullāhi 'alaihi ing kuntum bi`āyātihī mu`minīn.

Artinya: Maka makanlah dari apa (daging hewan) yang (ketika disembelih) disebut nama Allah, jika kamu beriman kepada ayat-ayat-Nya. (QS. Al An’am: 118).

  • Karunia berupa surga bagi umat muslim yang gemar beramal.

لَهُمْ دَارُ السَّلٰمِ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ 

Lahum dārus-salāmi 'inda rabbihim wa huwa waliyyuhum bimā kānụ ya'malụn.

Artinya: Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dialah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan. (QS. Al An’am: 127).

4. Keutamaan membaca surah Al An’am

Urutan Surah dalam Al Qur’an Juz 8, Lengkap dengan KeutamaannyaIlustrasi Membaca Al-Qur'an(IDN Times/Besse Fadhilah)

Surah Al An’am merupakan salah satu surah yang sangat dimuliakan, karena turunnya diiringi oleh 70 ribu malaikat hingga bumi bergetar. Karena itu, barang siapa yang juga memuliakan surah Al An’am dengan membacanya, niscaya malaikat-malaikat akan bantu mendoakan, memohonkan ampunan kepada Allah SWT.

Selain itu, membaca surah Al An’am secara rutin dan sungguh-sungguh akan dapat memperlancar rezeki, serta dijauhkan dari hal-hal buruk.

5. Kandungan surah Al A'raf ayat 1–87

Urutan Surah dalam Al Qur’an Juz 8, Lengkap dengan KeutamaannyaPresiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama putranya Kaesang Pangarep (kiri) melaksanakan Shalat Id berjamaah di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/5). (ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Lukas/hma/aww.)

Adapun beberapa kandungan yang termaktub dalam surah Al A’raf ayat 1–87, yaitu:

  • Larangan makan dan minum secara berlebihan.

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ

Yā banī ādama khużụ zīnatakum 'inda kulli masjidiw wa kulụ wasyrabụ wa lā tusrifụ, innahụ lā yuhibbul-musrifīn.

Artinya: Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus setiap (masuk) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (QS. Al A'raf: 31).

Kandungan lain surah Al A'raf ayat 1–87:

  • Anjuran agar jangan tergesa-gesa bila dihadapkan pada kekecewaan atau kebimbangan. Lebih baik mendekatkan diri pada Allah SWT melalui Al Qur’an.
  • Perintah agar bertindak hati-hati dan gemar meminta perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan.
  • Peringatan jika tiap makhluk hidup di bumi telah memiliki batas waktunya sendiri.
  • Hadiah surga bagi umat muslim yang hatinya bebas dari iri, dengki, dan rasa permusuhan.
  • Kisah kelompok Ashab Al A’raf, penghuni tempat tertinggi di perbatasan surga dan neraka.

Baca Juga: Keutamaan Surah Al Kafirun, Jadi Bacaan Rasulullah SAW Sebelum Tidur

6. Keutamaan membaca surah Al A'raf

Urutan Surah dalam Al Qur’an Juz 8, Lengkap dengan KeutamaannyaIlustrasi berdoa dan mengaji (IDN Times/Sunariyah)

Berikut beberapa keutamaan membaca surah Al A'raf:

  • Sebagaimana diriwayatkan Imam Shadiq, “Barang siapa membaca surah Al A’raf tiap bulan, maka ia tidak memiliki ketakutan pada hari Kiamat dan tidak akan bersedih.”
  • Membaca surah Al A'raf setelah salat fardu disertai bacaan istigfar akan diampuni dosa-dosanya. Adapun doa yang dapat dipanjatkan umat muslim berbunyi:

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Rabbanā zalamnā anfusana wa il lam tagfir lanā wa tar-hamnā lanakụnanna minal-khāsirīn.

Artinya: Ya Allah, kami telah menzalimi diri sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi. (QS. Al A’raf: 23).

Demikian urutan surah dalam Al Qur'an juz 8 yang terdiri dari surah Al An'am dan surah Al A'raf. Jangan hanya dibaca, namun usahakan untuk diamalkan melalui tindakan, ya.

Penulis: Langgeng Irma Salugiasih

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya