Arus Balik, Masyarakat Diminta Siapkan Tiket Kapal Penyeberangan

Masyarakat dari Sumatra harus siapkan tiket sebelum ke Jawa

Jakarta, IDN Times - Menteri  Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meminta masyarakat yang mudik dari Pulau Sumatra untuk menyiapkan tiket menyeberang jauh-jauh hari sebelum kembali ke Pulau Jawa.

"Karena itu, saya mohon kesadarannya para pemudik agar betul-betul mematuhi kedisiplinan agar semua yang akan masuk kembali bekerja di Jakarta dan sekitarnya itu bisa dilayani dengan baik oleh Korlantas, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan kementerian lembaga lain," kata Menko PMK, Muhadjir Effendy dalam rapat koordinasi di Kantor Jasa Marga KM 70 Tol Jakarta-Cikampek, dikutip Jumat (12/4/2024).

Baca Juga: Menhub Minta Pemudik Balik ke Jakarta Gak Mepet di Akhir Cuti Bersama

1. Penanganan arus balik

Arus Balik, Masyarakat Diminta Siapkan Tiket Kapal PenyeberanganPelabuhan Panjang Bandar Lampung melayani penyeberangan arus balik bagi pemudik sepeda motor menuju Pelabuhan Ciwandan Banten terhitung, Jumat (12/4/2024). (IDN Times/Martin L Tobing).

Dia mengatakan, penanganan arus balik memiliki tingkat kesulitan yang lebih menantang dibandingkan arus mudik.

"Karena kalau berangkat mudik itu pergerakannya sentrifugal menyebar. Itu relatif mudah. Ketika balik itu sentripetal. Semua mengerucut ke satu titik yaitu Jakarta dan sekitarnya," jelas Muhadjir.

Baca Juga: Pemerintah Bersiap untuk Operasi Arus Balik Lebaran 2024

2. Pemerintah siapkan siasat khusus dalam menangani arus balik

Arus Balik, Masyarakat Diminta Siapkan Tiket Kapal PenyeberanganAktivitas penyeberangan di Pelabuhan Lembar pada Jumat (12/4/2024) masih terpantau landai. Puncak arus balik lebaran diprediksi pada Sabtu dan Minggu, 13-14 April 2024. (IDN Times/Istimewa)

Muhadjir mengatakan, pemerintah tengah bersiap dengan siasat khusus untuk menangani arus balik Lebaran 2024.

Mulai dari peningkatan layanan di jalan tol hingga melakukan skema arus lalu lintas. Persiapan ini dilakukan sedemikian rupa untuk mengurangi hambatan dan penumpukan mobilitas pemudik.

Dia memprediksi, kedisiplinan pemudik untuk menyiapkan tiket pulang dari jauh-jauh hari akan melancarkan urusan penyeberangan sebanyak 30 persen.

"Mudah-mudahan dan saya berharap betul pada para pemudik yang akan kembali arus balik terutama dari Pelabuhan Bakauheni, mohon untuk jangan datang sebelum punya tiket," ucapnya.

Baca Juga: Menko PMK Sebut Penanganan Arus Balik Lebaran 2024 Lebih Menantang

3. Korlantas kembali terapkan kebijakan one way, contraflow, dan ganjil-genap untuk arus balik

Arus Balik, Masyarakat Diminta Siapkan Tiket Kapal PenyeberanganPelabuhan Panjang Bandar Lampung melayani penyeberangan arus balik bagi pemudik sepeda motor menuju Pelabuhan Ciwandan Banten terhitung, Jumat (12/4/2024). (IDN Times/Martin L Tobing).

Sementara itu, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, mengatakan, akan ada titik-titik rawan kecelakaan di sepanjang jalur sehingga ia meminta pemudik dapat lebih berhati-hati dalam perjalanan pulang.

"Kami telah memerintahkan para Dirlantas untuk menangani blackspot atau titik-titik rawan kecelakaan yang ada di sepanjang jalan arus balik," kata Aan. 

Di sisi lain, Irjen Aan juga menegaskan, rekayasa lalu lintas akan kembali diterapkan selama arus balik.

Kebijakan one way akan diberlakukan dari KM 414 Kalikangkung sampai KM 72 Jakarta-Cikampek. Sementara itu, contraflow diberlakukan sampai KM 47, dan ganjil-genap untuk KM 414-0 di Jakarta Cikampek.

Baca Juga: Informasi Penting Arus Balik Lebaran 2024 Jalur Kapal Laut Lampung

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya