Arus Balik Turun, Volume Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Berkurang

Arus Balik Pelabuhan Bakauheni

Jakarta, IDN Times - Arus balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, mulai berkurang pada Selasa (16/4/2024) pagi. Kendaraan roda dua dan roda empat yang menyeberang di Pelabuhan Bakauheni terlihat sepi.

Lalu lintas di Jalan Lintas Sumatra dan Jalan Tol Trans Sumatra menuju Pelabuhan Bakauheni terpantau sepi pada pukul 08.45 WIB.

"Ya, sudah sepi dan tidak seramai beberapa hari lalu," kata petugas helper, Habibi, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dikutip dari ANTARA, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga: Polres Kubu Raya Pantau Arus Balik di Terminal hingga Bandara

1. Jalan tol menuju pelabuhan Bakauheni terpantau sepi

Arus Balik Turun, Volume Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni BerkurangIlustrasi jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran. (dok. Kementerian PUPR)

Jalan tol (toll gate) untuk kendaraan roda empat baik menuju dermaga reguler maupun eksekutif, juga masih lenggang. Sementara kendaraan roda dua juga masih berdatangan, tetapi tidak ramai.

"Ini kantung parkir motor yang biasa ramai saja sudah sepi," ucapnya.

Baca Juga: Rekayasa Lalin Diterapkan Antisipasi Puncak Arus Balik Tol Cikampek

2. Puluhan ribu kendaraan telah menyeberang dari Bakauheni sejak hari Minggu

Arus Balik Turun, Volume Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni BerkurangSejumlah penumpang kendaraan roda dua (R2) bergerak menuju ke kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, untuk menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, pada masa arus balik hari ketiga setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Sabtu (13/4/2024). (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Bakauheni melaporkan sebanyak 21.233 kendaraaan telah menyeberang melalui Bakauheni ke Pulau Jawa pada Minggu (14/4/2024).

Kemudian, kendaraan roda dua yang menyeberang ke Jawa berjumlah 7.685 unit. Sementara kendaraan roda empat sebanyak 13.548 unit.

Selain itu, ASDP mencatat sebanyak 98.710 penumpang menyeberang ke Pelabuhan Merak, terbagi atas 89.309 penumpang dalam kendaraan dan 9.401 penumpang tanpa kendaraan.

Baca Juga: Arus Balik di Bandara Soetta Diprediksi Gak Capai Target

3. 98 ribu penumpang menyeberang dari Sumatra ke Jawa per hari

Arus Balik Turun, Volume Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni BerkurangKapal Ferry angkutan lebaran di pelabuhan Penajam PT ASDP Ferry Indonesia (IDN Times/Ervan)

PT ASDP juga mencatat dalam beberapa hari arus balik berjalan 11-14 April, sebanyak 387.204 orang telah kembali dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa. Rata-rata jumlah penumpang per hari adalah 98.801 orang.

Penumpang terdiri dari 35.238 pejalan kaki dan 351.966 penumpang dalam kendaraan. Pemberangkatan tersebut dari Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang di Lampung ke arah Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan di Banten.

Baca Juga: 7 Meme Balik ke Perantauan setelah Mudik, Libur Panjang Udah Selesai?

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya