Kemenhub-Polisi Investigasi Kecelakaan di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek

Kecelakaan di tol Jakarta-Cikampek, pemudik harap waspada

Intinya Sih...

  • Ditjen Hubdat dan kepolisian koordinasi investigasi kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang.
  • Pemudik diimbau untuk perhatikan keselamatan selama perjalanan dan beristirahat jika merasa lelah.

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menginvestigasi kejadian kecelakaan antara bus dengan dua minibus di kilometer 58 arah ruas Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, pagi ini, Senin (8/4/2024).

"Kami turut prihatin atas kejadian kecelakaan ini hingga menimbulkan korban jiwa. Saat ini Ditjen Hubdat telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk terus melakukan investigasi mendalam terkait kecelakaan tersebut," kata Hendro dalam pernyataannya di Jakarta, Senin.

Ia pun mengimbau pemudik untuk tetap memperhatikan keselamatan selama perjalanan. Hal itu, kata dia, karena diduga ada faktor kelelahan pengemudi Daihatsu Grandmax sehingga mobil keluar jalur yang mengarah ke Jakarta. 

Baca Juga: Jasad 6 Korban Tewas Kecelakaan KM 58 Tol Jakarta-Cikampek Utuh

1. Dirjen Perhubungan Darat imbau pemudik untuk beristirahat

Kemenhub-Polisi Investigasi Kecelakaan di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Hendro juga menyampaikan bela sungkawa kepada korban kecelakaan yang melibatkan bus bernomor polisi B 7655 TGD, satu unit Grandmax dengan nomor polisi B 1635 BKT, dan Daihatsu Terios bernomor polisi E 1399 MF di Tol Jakarta-Cikampek.

Ia pun mengimbau para pemudik untuk beristirahat terlebih dahulu apabila merasa kelelahan dalam perjalanan.

"Mengingat padatnya kondisi lalu lintas sehingga menimbulkan rasa lelah bagi para pemudik, maka diharapkan untuk utamakan waktu beristirahat. Setiap mengemudi selama 4 jam berturut-turut, dianjurkan untuk istirahat selama 30 menit," lanjutnya.

Baca Juga: Korban Tewas Kecelakaan di KM 58 Jakarta-Cikampek Alami Luka Bakar

2. Pemudik perlu rencanakan waktu perjalanan dengan baik

Kemenhub-Polisi Investigasi Kecelakaan di KM 58 Tol Jakarta-CikampekKecelakaan di jalur kontraflow KM 58 Jakarta-Cikampek pada Senin (8/4/2024). (youtube.com/Kompas TV)

Ia mengatakan, masyarakat yang sedang mudik perlu merencanakan waktu perjalanannya dengan baik.

"Para pemudik bisa memilih berangkat pada waktu-waktu yang tidak rentan untuk mengantuk dan upayakan tidur cukup sebelum mengemudi," terangnya.

Baca Juga: Kecelakaan KM 58 Tol Japek, RSUD Karawang Terima 13 Jenazah

3. Imbas kecelakaan lajur contraflow ditutup

Kemenhub-Polisi Investigasi Kecelakaan di KM 58 Tol Jakarta-CikampekSuasana Tol Jakarta-Cikampek, Minggu (7/4/2024) (IDN Times/Fadhliansyah)

Menurut data PT Jasa Marga Transjawa Tol, lajur contraflow KM 48 sampai 70 arah Cikampek ruas Tol Jakarta-Cikampek ditutup.

Penutupan lajur ini sesuai diskresi kepolisian dan petugas di lapangan karena masih dilakukan penanganan dan evaluasi akibat kecelakaan tersebut.

Baca Juga: Antrean di Pelabuhan Merak Capai 10 Km, Menhub Ungkap Biang Keroknya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya