Profil Zilvia Iskandar, Moderator Debat Capres Keempat Pemilu 2024

Zilvia Iskandar jadi moderator debat keempat

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) telah menunjuk presenter berita Metro TV, Zilvia Iskandar, menjadi moderator pada debat capres-cawapres keempat Pemilu 2024, yang akan berlangsung pada Minggu (21/1/2024) pukul 19.00 WIB. 

“Dua orang moderator debat keempat Pilpres 2024, semuanya perempuan, mereka adalah Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar,” ujar Komisioner KPU RI, August Mellaz, di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Berdasarkan pertimbangan KPU, dua jurnalis perempuan ini dipercayakan untuk memandu jalannya debat keempat Pilpres 2024. Simak profil Zilvia Iskandar, moderator debat keempat pilpres 2024 berikut ini.

Baca Juga: Moderator Debat ke-4 Pilpres 2024: Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar

1. Profil singkat Zilvia Iskandar

Profil Zilvia Iskandar, Moderator Debat Capres Keempat Pemilu 2024instagram.com/zilviaiskandar

Zilvia Iskandar merupakan presenter berita (news anchor) Metro TV yang menamatkan studi Sastra Inggris di Binus University dengan predikat summa cumlaude.

Zilvia pernah menerima penghargaan sebagai Presenter Terbaik ajang Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2017.

Selama menempuh studi di Binus, ia pernah menjadi Presiden Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bina Nusantara English Club (BNEC) 2010-2011.

Ilmu public speaking telah diperoleh Zilvia sejak sekolah. Mulai dari lomba cerdas cermat, olimpiade matematika, baca puisi, duta wisata daerah, debat dan presenting

Baca Juga: Bukan Debat, Ini yang akan Dilakukan Capres-Cawapres di KPK Besok

2. Perjalanan karier Zilvia di dunia pers

Profil Zilvia Iskandar, Moderator Debat Capres Keempat Pemilu 2024ilustrasi jurnalis (pexels.com/Expect Best)

Sebelum menjadi news anchor, Zilvia bergabung dalam program Journalist Development angkatan kedelapan pada 1 Mei 2012. Kemudian, ia mulai menjadi reporter lapangan selama sembilan bulan, hingga menjadi news anchor program Headline News dan Metro Malam. 

Saat ini, Zilvia memegang tanggung jawab pada program Primetime News di Metro TV petang. Program yang ia bawakan sejak 2022 berjudul Kontroversi, sebuah program talkshow yang menggali perspektif pro dan kontra terhadap isu tertentu.

Baca Juga: KPU Ungkap Alasan Debat Keempat Digelar di JCC

3. Minat bakat Zilvia

Profil Zilvia Iskandar, Moderator Debat Capres Keempat Pemilu 2024instagram.com/zilviaiskandar

Baca Juga: Perbedaan Debat dan Diskusi yang Harus Kamu Tahu, Pahami Yuk!

Sebagai pembawa berita, Zilvia sangat memerhatikan gaya hidup yang sehat. Ia sudah mengonsumsi makanan sehat dan workout dengan konsisten selama dua tahun.

Zilvia juga rutin berolah raga setiap hari. Kerajinannya berolahraga menjadikan kegiatan tersebut sebagai hobi.

Itulah informasi terkait profil Zilvia Iskandar, moderator debat keempat pilpres 2024.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/KI7ONDPAdMA

Topik:

  • Rochmanudin
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya