Comscore Tracker

Fakta-Fakta Jakarta Future City Hub, Kolaborasi Jakarta dan Berlin 

Yuk, kenali apa itu Jakarta Future City Hub!

Jakarta, IDN Times – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Duta Besar Jerman Ina Lepel mengunjungi Jakarta Future City Hub di Jakarta Box Tower (JB Tower), Jakarta Pusat, Kamis (28/4/2022). Kunjungan ini meninjau lokasi yang akan menjadi titik temu kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha di dunia digital.

“Ini merupakan satu tempat di mana siapa saja bisa datang untuk saling bertemu, sehingga ada interaksi, saling belajar, berbagi pengalaman, tukar pikiran, dan bekerja bersama. Dan di tempat inilah kami meramu semua itu menjadi konsep ‘one stop shop’ untuk startup dan beragam inovasi dari para co-founder,” kata Anies.

Berikut fakta-fakta Jakarta Future City Hub yang menjadi ruang kolaborasi di Jakarta.

1. Merupakan hasil kolaborasi Jakarta dengan Berlin

Fakta-Fakta Jakarta Future City Hub, Kolaborasi Jakarta dan Berlin Jakarta Future City Hub merupakan ruang kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Kota Berlin. (Instagram/@aniesbaswedan).

Jakarta Future City Hub merupakan ruang kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Kota Berlin untuk mengatasi tantangan dan solusi keberlanjutan kota yang akan hadir di Jakarta.

Selain itu, Jakarta Future City Hub dirancang untuk memberdayakan ekosistem kewirausahaan di Jakarta yang juga sebagai salah satu proyek Smart Change yang didanai Uni Eropa. Nantinya, Jakarta Future City Hub akan menjadi titik temu Pemprov DKI Jakarta bersama para inovator startup untuk mempercepat inovasi kota pintar.

Baca Juga: Pendaftaran DTKS 2022 untuk Warga Jakarta Dibuka, Cek Caranya di Sini

2. Empat Tujuan Jakarta Future City Hub

Fakta-Fakta Jakarta Future City Hub, Kolaborasi Jakarta dan Berlin Hub menjadi ruang kolaborasi dalam menghadapi tantangan perkotaan dan pusat pengembangan ekosistem kewirausahaan di Jakarta. (Instagram/@aniesbaswedan).

Seperti yang kita ketahui, Hub ini menjadi ruang kolaborasi dalam menghadapi tantangan perkotaan dan pusat pengembangan ekosistem kewirausahaan di Jakarta. Berikut 4 tujuan Jakarta Future City Hub:

  • Menyediakan one-stop-shop untuk startup, founders, dan inovator dalam konsep co-working, network, dan ruang kegiatan, serta lokakarya
  • Menciptakan pusat inovasi yang berkelanjutan dengan memberdayakan wirausahawan dan memungkinkan kolaborasi lintas sektoral
  • Menyediakan akses ke kancah internasional di Berlin dan hotspot lainnya
  • Titik pertemuan antara Pemprov DKI Jakarta dengan para inovator startup sehingga mempercepat inovasi kota pintar dengan menghubungkan peran pembuat kebijakan dengan inovator

3. Fasilitas penunjang Jakarta Future City Hub

Fakta-Fakta Jakarta Future City Hub, Kolaborasi Jakarta dan Berlin Fasilitas penunjang Jakarta Future City Hub. (Instagram/@aniesbaswedan).

Selain itu, dengan berbagai tujuan adanya Jakarta Future City Hub, terdapat juga 6 fasilitas penunjang, yaitu:

  • Communal Area untuk melakukan sharing session, pembelajaran peer-to-peer, dan area hiburan
  • Main Event untuk menyelenggarakan workshop, pertemuan, seminar, talkshow, FGD, dan accelerator program
  • Working Space untuk para startup bekerja
  • Prototyping Corner untuk ruang prototipe, konsultasi produk dan ide, serta workshop produk
  • Mini Studio untuk produksi dan konsultasi terkait konten digital
  • Mini Expo/Showcase Wall yang berupa sudut pameran produk dan layanan yang lahir dari hub ini

Baca Juga: Anies Bertolak ke Eropa Malam Ini, Jajaki Kerja Sama Pembiayaan MRT

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya