Comscore Tracker

Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Kiai Dimyati Rois di Kendal

Menurut Ganjar Pranowo almarhum sosok yang mengayomi

Jakarta, IDN Times - Ribuan pelayat memadati kediaman Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kiai Haji Dimyati Rois, di Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (10/6/2022).

Terlihat sejumlah pejabat ikut bertakziah ke kediaman Kiai Dimyati Rois, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar; dan Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid. 

Selain itu, hadir juga mantan menteri tenaga kerja Hanif Dhakiri; Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar; dan Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori ke kediaman Kiai Dimyati Rois.

Baca Juga: KH Dimyati Rois, Mustasyar PBNU Tutup Usia

1. Jenazah Kiai Dimyati Rois disalatkan di Masjid Agung Kaliwungu

Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Kiai Dimyati Rois di KendalMustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H.Dimyati Rois. (Dok. PKB).

Kiai Haji Dimyati Rois yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Al Fadlu wal Fadhilah, wafat pada Jumat dini hari.

Jenazah Kiai Dimyati Rois disalatkan di Masjid Agung Kaliwungu selepas salat Jumat, dan selanjutnya dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Al Fadlu 2 di Srogo, Kabupaten Kendal.

2. Kiai Dimyati Rois sosok yang mengayomi dan memberikan kesejukan

Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Kiai Dimyati Rois di KendalIDN Times/Rudal Afgani

Gubernur Jawa Tengah Ganjar mengatakan, Kiai Dimyati Rois merupakan sosok yang mengayomi dan memberikan kesejukan. Meskipun terkadang memiliki pandangan politik berbeda, Ganjar tidak merasa berjarak dengan Kiai Dimyati.

"Kepergian Kiai Dimyati Rois membuat banyak orang merasa kehilangan. Orang sedemikian banyak datang, ini bukan hanya dari Jawa Tengah," kata politikus PDIP itu. 

Baca Juga: Mengenang KH Dimyati Rois, Sosok Kiai Kharismatik yang Rendah Hati

3. Kiai Dimyati merupakan sosok rendah hati dan selalu berpikir positif

Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Kiai Dimyati Rois di KendalIlustrasi warga berdoa di makam keluarganya saat melakukan ziarah kubur di pemakaman. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Kiai Zainal bersama sosok almarhum KH Dimyati Rois merupakan anggota Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA) atau sembilan kiai sepuh NU.

Menurut Zainal, ia banyak mengambil pelajaran dari sosok almarhum yang rendah hati dan selalu berpikir positif.  

"Almarhum dalam rapat tidak akan berbicara, kecuali hal-hal yang penting. Ia merupakan sosok yang berbicara seperlunya, karena apa yang disampaikan harus bermanfaat untuk kepentingan orang banyak," tutur Zainal.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya