Tinjau IKN, KSAD Dudung Dapat Gelar Adat dari Kesultanan Paser 

Gelar adat ke-10 Dudung selama menjabat sebagai KSAD

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dianugerahi gelar adat 'Kakah Demong Agung Bela Negara' dari masyarakat adat Kalimantan Timur, yang berarti pemimpin agung pembela negara.

Dudung menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan masyarakat adat Kalimantan Timur.

"Terima kasih atas gelar adat yang diberikan kepada saya. Pemberian gelar adat ini merupakan suatu kehormatan sekaligus amanah yang harus saya pertanggungjawabkan," kata Dudung, seperti dikutip dari ANTARA, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga: KSAD Dudung Ancam Bakal Tindak Bila Ada Pungli Pendaftaran TNI AD

1. Gelar adat ke-10 Dudung selama menjadi KSAD

Tinjau IKN, KSAD Dudung Dapat Gelar Adat dari Kesultanan Paser Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat menerima gelar adat "Kakah Demong Agung Bela Negara" di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (22/8/2022). (Dok. Dispenad).

Penganugerahan gelar adat tersebut dilakukan secara simbolis oleh Sultan Muhammad Alamsyah III dari Kesultanan Paser, Aji Muhammad Jamawi, kepada Dudung dalam kunjungan kerjanya ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (22/8/2022) kemarin.

Menurut Jamawi, penganugerahan gelar adat itu merupakan wujud penghormatan kepada Dudung sebagai pemimpin yang dapat menjaga keutuhan, keamanan bangsa, dan negara.

Adapun gelar "Kakah Demong Agung Bela Negara" ini merupakan gelar adat ke-10 yang diterima Dudung selama menjabat sebagai KSAD dan mengunjungi berbagai daerah di Indonesia.

2. Forkopimda Kabupaten Penajam Paser Utara sambut kedatangan Dudung

Tinjau IKN, KSAD Dudung Dapat Gelar Adat dari Kesultanan Paser Pernyataan sikap dukungan pemindahan IKN Nusantara dari keluarga besar UNIBA disampaikan di titik nol IKN Nusantara (IDN Times/Ervan)

Sebelumnya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Penajam Paser Utara menyambut kedatangan Dudung, yang meninjau lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kemudian, dilanjutkan dengan prosesi penerimaan adat setempat dengan Tarian Ronggeng Paser, yang merupakan identitas masyarakat Paser.

Baca Juga: KSAD Dudung: Pemimpin Teduh Tanpa Marah-Marah Bawa Dampak Positif

3. Dudung bagikan bantuan sembako ke masyarakat keluarga stunting di Titik Nol IKN

Tinjau IKN, KSAD Dudung Dapat Gelar Adat dari Kesultanan Paser ilustrasi pamberian paket sembako (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Setelah acara penganugerahan gelar adat, Dudung berkesempatan untuk membagikan bantuan sembako kepada masyarakat keluarga stunting di Titik Nol IKN.

Selanjutnya, dia memberikan piagam penghargaan kepada Prajurit Denjasa Ang VI-44-13/Bekangdam VI/Mlw. Penghargaan tersebut diberikan lantaran berhasil menyelamatkan 28 murid dan guru penumpang perahu yang tenggelam dalam perjalanan pulang dari sekolah di perairan Balikpapan, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya