Gerindra Bidik Jatim Jadi Basis Baru untuk Kemenangan Pilpres 2024  

Prabowo bersaing ketat dengan Ganjar di Jatim

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra meyakini, Jawa Timur menjadi wilayah yang sangat potensial sebagai basis kekuatan baru kemenangan mereka di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, keyakinan itu berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkait elektabilitas calon presiden di Provinsi Jawa Timur.

"Jawa Timur adalah wilayah yang strategis dalam peta elektoral Pemilu Presiden (Pilpres) 2024," kata Muzani dalam keterangannya di Jakarta, seperti lansir ANTARA, Senin (4/4/2022).

Baca Juga: Survei Indikator: Simulasi Pilpres 2024 Prabowo-Ganjar Raih 51 Persen

1. Prabowo bersaing ketat dengan Ganjar sebagai capres yang paling banyak dipilih warga Jatim

Gerindra Bidik Jatim Jadi Basis Baru untuk Kemenangan Pilpres 2024  Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawaninstagram.com/ganjar_pranowoIDN Times/Reynaldy Wiranata)

Sebelumnya, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, berdasarkan hasil survei LSI, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersaing ketat dengan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang paling banyak dipilih masyarakat Jatim bila Pilpres digelar saat survei dilakukan.

"Dalam simulasi semi-terbuka (banyak nama) dan boleh menyebutkan nama lainnya, Ganjar Pranowo dipilih 22,5 persen, berbeda sekitar dua persen dari Prabowo Subianto yang memperoleh 20,2 persen," kata Djayadi.

Berdasarkan hasil survei LSI itulah, Muzani mengatakan, Partai Gerindra bertekad untuk menjadikan Jawa Timur sebagai basis kekuatan untuk kemenangan Prabowo di Pilpres 2024.

2. Masyarakat memilih calon presiden berdasarkan 3 alasan

Gerindra Bidik Jatim Jadi Basis Baru untuk Kemenangan Pilpres 2024  Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Masih berdasarkan hasil survei, kata Djayadi, di bawah nama Prabowo ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berada di posisi ketiga (10,6 persen), kemudian Tri Rismaharini atau Risma (7,5 persen), dan Anies Baswedan (5,7 persen). Sementara nama-nama lainnya lebih rendah, kurang dari 4, persen dan belum menjawab 7,8 persen.

Menurut Djayadi, ada tiga alasan utama masyarakat memilih calon presiden yaitu merakyat atau memperhatikan rakyat, tegas dan berwibawa, dan jujur/bersih dari KKN.

3. Prabowo dipilih karena tegas dan berwibawa, Ganjar karena merakyat

Gerindra Bidik Jatim Jadi Basis Baru untuk Kemenangan Pilpres 2024  ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Adapun Prabowo Subianto dipilih terutama karena alasan tegas dan berwibawa, sedangkan Ganjar Pranowo dipilih karena merakyat/memperhatikan rakyat.

Survei LSI itu dilakukan pada 6 sampai 13 Maret 2022, dengan populasi survei seluruh WNI di Jawa Timur yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Ukuran sample sebanyak 1.200 orang diambil dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin of error ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling.

Baca Juga: Survei LSI: Prabowo dan Ganjar Bakal 'Perang Sengit' di Pilpres Jatim

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya