Gus Miftah Ingatkan Pesan Gus Dur soal Prabowo Subianto

Gus Miftah beri suara dari basis massa NU untuk Prabowo

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Pondok Pesantren Ora Aji Sleman Miftah Maulana Habiburrahman yang akrab disapa Gus Miftah, mengungkapkan pesan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur tentang sosok calon presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto.

"Saya cuma ingat, dulu Gus Dur bilang manusia paling ikhlas di Indonesia itu adalah Pak Prabowo," kata Gus Miftah, dikutip dari ANTARA, Sabtu (17/2/2024).

Ucapan pendakwah kondang itu untuk menanggapi pernyataan Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, yang menyebut Gus Miftah memiliki peran penting dalam meraup suara untuk pemenangan Prabowo-Gibran di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Baca Juga: Ngaku Dekat dengan Gus Dur, Prabowo: Saya Pernah Jadi Tukang Pijitnya

1. Gus Miftah dan Khofifah beri suara dari basis massa NU untuk Prabowo-Gibran

Gus Miftah Ingatkan Pesan Gus Dur soal Prabowo SubiantoCalon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dalam acara Waktunya Indonesia Maju di SICC, Minggu (10/12/2023) (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Nusron sebelumnya menegaskan, Gus Miftah bersama Khofifah Indar Parawansa turut serta memberikan suara dari basis massa Nahdlatul Ulama (NU).

"Saya pikir hampir semua santri di bawah komando Gus Miftah, mayoritas mendukung Prabowo-Gibran," kata Nusron beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, dalam unggahan videonya Gus Miftah melakukan kampanye dengan mengadakan pengajian serta konser musik yang dihadiri oleh puluhan ribu massa di 25 kota dan kabupaten se-Jawa untuk memenangkan Prabowo-Gibran.

"Saya berharap acara seperti ini bisa kita pertahankan, tapi dengan tagline Gerakan Moderasi Bareng Gus Miftah, nanti ke depan sepanjang tahun setiap bulan mengadakan acara minimal lima kali, mudah-mudah bisa bermanfaat dan bisa menghibur masyarakat
Indonesia," tutur Gus Miftah.

2. Gus Miftah galang dukungan dari kiai kampung se-Jawa

Gus Miftah Ingatkan Pesan Gus Dur soal Prabowo SubiantoPendakwah Gus Miftah saat di acara Muslimat NU (dok. Istimewa)

Tak hanya itu, Gus Miftah juga menggalang dukungan dari kiai kampung se-Jawa, yakni 25 zona, di mana satu zona 1.000 kiai, sehingga Gus Miftah mendapat julukan presiden kiai kampung dalam gerakan yang dinamai GM-08.

“Pengajian-pengajian saya gelar sampai pelosok, saya juga sowan-sowan kiai sepuh dan pesantren yang memiliki pengaruh,” katanya.

3. Rekapitulasi suara pemilu 15 Februari sampai 20 Maret 2024

Gus Miftah Ingatkan Pesan Gus Dur soal Prabowo SubiantoInin Nastain IDN Times/ Salah satu disabilitas tuna daksa memeriksa kondisi surat suara

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya