Indonesia Dapat Penghargaan Pengirim Jemaah Haji Terbanyak di Dunia

Penghargaan diberikan di Jeddah

Jakarta, IDN Times - Indonesia merupakan negara yang paling banyak mengirim jemaah hajinya ke Arab Saudi. Pada tahun ini saja, Indonesia mendapat kuota 221.000 jemaah, ditambah lagi kuota tambahan 8.000 jemaah, sehingga total kuota jemaah haji Indonesia di 2023 sebanyak 229.000 jemaah, yang terdiri dari haji reguler dan haji khusus.

Terkait hal ini, Pemerintah Arab Saudi memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Indonesia dan dua negara lainnya, yang masuk dalam daftar tiga negara pengirim jemaah haji terbesar di dunia. Dua negara setelah Indonesia yakni Pakistan dengan kuota sekitar 179.000 jemaah, dan Bangladesh kuotanya 127.000.

Baca Juga: Jemaah Haji Diimbau Jaga Paspor Agar Lancar Saat Pulang ke Tanah Air

1. Penghargaan diberikan di Jeddah

Indonesia Dapat Penghargaan Pengirim Jemaah Haji Terbanyak di DuniaKedatangan Jemaah Haji gelombang kedua di Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah (IDN Times/Sunariyah)

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Abdul Fattah Mashat, di Jeddah. Dari Indonesia, hadir Konsul Haji Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah, Nasrullah Jasam.

"Kementerian Haji dan Umrah menggelar acara apresiasi di Jeddah untuk semua instansi yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah haji 1444 H. Indonesia, Pakistan, dan Banglades, sebagai representasi negara pengirim jemaah terbesar, mendapat apresiasi. Saya hadir mewakili Indonesia," ujar Nasrullah di Jeddah, dikutip dari kemenag.go.id, Selasa (1/8/2023).

2. Penghargaan khususnya terkait pelayanan di Jeddah

Indonesia Dapat Penghargaan Pengirim Jemaah Haji Terbanyak di DuniaJemaah haji pulang ke Tanah Air (IDN Times/Sunariyah)

Nasrullah menjelaskan, apresiasi tersebut sebagai bentuk penghargaan atas kerja sama dalam proses pelayanan jemaah haji, terutama selama masa kedatangan dan kepulangan jemaah.

"Jadi ini khususnya terkait dengan pelayanan di Jeddah, atas sinergi pelayanan dengan GACA, Wukala, Keamanan Bandara, termasuk dalam proses layanan fast track, dan program lainnya," jelas Nasrullah.

Nasrullah mengungkapkan, pada 2022 Indonesia juga mendapat penghargaan yang sama. Saat itu, penghargaan diberikan kepada Indonesia, Pakistan, dan India.

"Tahun ini, Indonesia kembali mendapat penghargaan, bersama Pakistan dan Bangladesh," tegasnya.

3. Kloter terakhir akan kembali ke Tanah Air 4 Agustus 2023

Indonesia Dapat Penghargaan Pengirim Jemaah Haji Terbanyak di DuniaJemaah menunggu penerbangan di paviliun ruang transit bandara (IDN Times/Sunariyah)

Operasional ibadah haji Indonesia saat ini masih berlangsung. Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, hingga Selasa (1/8/2023) pukul 18.18 WIB, sudah 196.926 jemaah yang pulang ke Tanah Air. Mereka tergabung dalam 523 kloter. Diketahui, total ada 209.782 jemaah haji reguler yang tiba di Arab Saudi pada tahun ini. Mereka tergabung dalam 558 kloter.

"Sebagian jemaah haji reguler asal Indonesia saat ini masih di Madinah. Kloter terakhir dari Madinah akan terbang pada 4 Agustus 2023 dan itu sekaligus menandai berakhirnya operasional haji Indonesia tahun ini," papar Nasrullah.

Baca Juga: Semua Jemaah Sudah ke Madinah, Operasional Haji di Makkah Selesai

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya