Rekayasa Lalu Lintas Selama Laga Persija Jakarta Dimulai Siang Ini

Warga diimbau gunakan transportasi umum

Jakarta, IDN Times - Laga penentuan juara Liga 1 2018 akan berlangsung Minggu (9/12) sore ini di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Tuan rumah Persija Jakarta akan bertemu Mitra Kutai Kartanegara untuk memperebutkan trofi.

Untuk mengurangi kemacetan di kawasan SUGBK, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengimbau masyarakat yang akan menyaksikan laga Persija Jakarta vs Mitra Kutai Kartanegara menggunakan transportasi umum.

"Kami mengimbau masyarakat menggunakan transportasi umum," ujar Pelakasana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, dikutip dari beritajakarta.id, Minggu (9/12).

Selama pertandingan Persija Jakarta vs Mitra Kutai Kartanegara, juga akan diberlakukan rekayasa lalu lintas.

Baca Juga: Anies Baswedan Pastikan Persija Mainkan Laga Terakhir Liga 1 di SUGBK

1. Diberlakukan buka tutup jalan dan rekayasa lalu lintas mulai pukul 14.00 WIB

Rekayasa Lalu Lintas Selama Laga Persija Jakarta Dimulai Siang IniANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Selama pertandingan Persija Jakarta vs Mitra Kutai Kartanegara, juga akan diberlakukan rekayasa lalu lintas sebagai dampak dari kebijakan buka tutup jalan di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno SUGBK.

"Rekayasa lalin akan dimulai pada pukul 14.00 WIB sampai selesai," papar Sigit.

2. Buka tutup jalan di ruas Jalan Gerbang Pemuda sisi selatan dan di Jalan Asia Afrika sisi timur

Rekayasa Lalu Lintas Selama Laga Persija Jakarta Dimulai Siang IniTwitter/@TMCPoldaMetro

Adapun buka tutup jalan akan dilakukan di ruas Jalan Gerbang Pemuda sisi selatan (mulai dari Flyover Senayan sampai Simpang Hotel Mulia).

Kemudian, di Jalan Asia Afrika sisi timur (dimulai dari Traffic Light (TL) Hotel Mulia sampai dengan TL Hotel Fairmont), serta di Jalan Pintu Satu Senayan.

3. Rekayasa lalu lintas berlangsung dari Slipi hingga Bundaran Senayan

Rekayasa Lalu Lintas Selama Laga Persija Jakarta Dimulai Siang IniTwitter/@restadepok

Untuk rekayasa lalu lintas, kendaraan dari Slipi yang akan menuju Permata Hijau akan diarahkan lurus melalui Jalan Jenderal Gatot Subroto-Bundaran Semanggi-Jalan Jenderal Sudirman-Bundaran Senayan dan seterusnya.

Selanjutnya, kendaraan dari arah Semanggi yang akan menuju ke TVRI dialihkan lurus melalui ruas Jalan Jenderal Gatot Subroto-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Gelora-dan seterusnya.

Kendaraan dari Senayan City yang akan belok kanan menuju Jalan Pintu Satu Senayan, diarahkan lurus melalui Jalan Asia Afrika-dan seterusnya.

Sedangkan, kendaraan dari arah Bundaran Senayan yang akan belok kiri menuju Jalan Pintu Satu Senayan akan dialihkan lurus melalui Jalan Jenderal Sudirman-dan seterusnya.

4. Untuk pengamanan dikerahkan dua mobil VMS dan 50 personel

Rekayasa Lalu Lintas Selama Laga Persija Jakarta Dimulai Siang Iniunplash.com/Nabeel Syed

Guna mengarahkan pengendara selama rekayasa lalu lintas, Pemprov DKI bersama Polda Metro Jaya mengerahkan kendaraan dan 50 personel.

"Kami akan mengerahkan dua mobil VMS (Variable Message Sign -red) serta 50 personel untuk membantu memberikan arahan kepada pengendara," ujar Sigit.

Dia meminta pengendara untuk tetap tertib dalam berlalu lintas, mematuhi rambu-rambu, serta mengutamakan keselamatan di jalan.

5. Seratus Personel Satpol PP DKI dikerahkan di sekitar SUGBK

Rekayasa Lalu Lintas Selama Laga Persija Jakarta Dimulai Siang IniDok.IDN Times/Istimewa

Sementara, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Satpol PP DKI Jakarta Kusmanto menuturkan, untuk mendukung kesuksesan laga Persija tersebut pihaknya akan mengerahkan 100 personel di sekitar SUGBK.

"Kami ingin, baik sebelum hingga sesudah laga berlangsung ketertiban umum tetap terjaga," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, laga melawan Mitra Kukar menjadi pertandingan terakhir Persija Jakarta dalam kompetisi Liga 1. Persija berpeluang menjadi juara karena saat ini menjadi pemuncak klasemen, unggul satu poin dari PSM Makasar yang juga masih menyisakan satu pertandingan.

Baca Juga: Persija Jakarta vs Sriwijaya FC: Macan Kemayoran Bisa Kudeta Puncak

Topik:

  • Sunariyah
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya