Soal Jatah Menteri, Demokrat: Ada Kesepakatan Antara Prabowo dan SBY

Kesepakatan antara Prabowo dan SBY tak ada yang tahu

Jakarta, IDN Times - Meski hari pencoblosan masih 16 hari lagi, namun kubu Prabowo Subianto sudah mulai membahas tentang pembagian kursi menteri jika capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga, menang dalam Pilpres 2019, 17 April mendatang.

Pembahasan soal jatah menteri ini mengemuka setelah sebelumnya, Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Hashim Djojohadikusumo mengatakan, ada dua partai yang sudah pasti mendapat jatah yaitu PAN sebanyak tujuh kursi menteri dan PKS enam kursi menteri.

Baca Juga: Disebut Bakal Jadi Menteri di Kabinet Prabowo, Begini Respons AHY

1. Prabowo dan SBY telah sepakati soal jatah kursi menteri

Soal Jatah Menteri, Demokrat: Ada Kesepakatan Antara Prabowo dan SBYIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menanggapi hal ini, Partai Demokrat yang menjadi salah satu bagian dari partai koalisi pendukung Prabowo-Sandi turut bersuara.

Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyatakan, soal jatah kursi menteri telah disepakati oleh Prabowo dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebelum pendaftaran Pilpres 2019.

"Pada saat sebelum pendaftaran Pemilu Presiden (Pilpres) 2019, ada kesepakatan antara Prabowo dan SBY, itu domain mereka berdua," kata Ferdinand, seperti dilansir Antara, di acara Sarasehan Akal Sehat, di GOR Bulungan, Jakarta, Senin (1/4).

2. Kesepakatan antara Prabowo dan SBY tak ada yang tahu, termasuk Hashim Djojohadikusumo

Soal Jatah Menteri, Demokrat: Ada Kesepakatan Antara Prabowo dan SBYIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ferdinand menjelaskan jumlah menteri untuk Partai Demokrat sudah ada pembicaraan antara SBY dan Prabowo, sehingga tidak ada yang tahu, termasuk Hashim Djojohadikusumo.

Dia mengatakan, pernyataan Hashim yang menyebut Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menjadi menteri, karena pertanyaan media apakah Komandan Kogasma itu berpotensi menjadi menteri pertahanan.

 

3. Prabowo dan SBY sudah punya komitmen

Soal Jatah Menteri, Demokrat: Ada Kesepakatan Antara Prabowo dan SBYAntara Foto/Sigid Kurniawan

"Jadi apa yang disampaikan Hashim kita anggap sebagai bunga demokrasi saja, yang jelas Prabowo dan SBY sudah punya komitmen tersendiri terkait dengan kuota menteri apabila Prabowo menang nanti," ujarnya.

Ferdinand mengatakan, yang tahu daftar menteri untuk Demokrat hanya SBY dan Prabowo, sehingga para kader partai itu tidak tahu-menahu.

4. Sudah ada pembicaraan antara Prabowo dan partai politik pendukung

Soal Jatah Menteri, Demokrat: Ada Kesepakatan Antara Prabowo dan SBYMahendra

Sebelumnya, Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Hashim Djojohadikusumo mengatakan, sudah ada pembicaraan antara Prabowo dengan partai politik pendukung Prabowo-Sandi terkait jabatan menteri.

Dalam perbincangan itu, menurut dia, ada dua partai yang sudah pasti mendapat jatah yaitu PAN sebanyak tujuh menteri dan PKS sebanyak enam kursi menteri. Sementara itu, terkait posisi AHY masih definitif, karena salah satu yang dipertimbangkan.

Baca Juga: Rencana BPN Jika Prabowo Kalah: Lapor ke PBB Hingga People Power

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya