Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Naik, Lewati Prabowo-Anies

Pemilih dari NasDem lebih pilih Ganjar ketimbang Anies

Jakarta, IDN Times - Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus melejit. Dalam survai terbaru yang digelar Litbang Kompas, 24 September sampai 7 Oktober 2022, dan hasilnya dirilis hari ini, Rabu (26/10/2022), Ganjar menempati posisi paling atas sebagai calon presiden (capres) dengan elektabilitas tertinggi.

Berdasarkan hasil survei yang dikutip dari data Kompas, elektabilitas Ganjar pada Oktober 2022 naik menjadi 23,2 persen. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan elektabilitas dua capres lainnya yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas PDIP Turun Dibayangi Gerindra

1. Elektabilitas Ganjar terus melejit jauh di atas Prabowo dan Anies

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Naik, Lewati Prabowo-AniesGubernur Anies Baswedan hadiri Rakerda DKI Jakarta secara virtual di Rumah Dinas Taman Suropati, Menteng (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Adapun elektabilitas Prabowo pada Oktober 2022 sebesar 17,6 persen. Menyusul di bawahnya, Anies Baswedan dengan elektabilitas 16,5 persen.

Dari data di atas, elektabilitas Ganjar jauh di atas Prabowo dan Anies, sementara Prabowo dan Anies harus bersaing ketat.

Elektabilitas Ganjar pada Oktober ini, melejit dibandingkan pada Januari dan Juni 2022. Pada Januari 2022 elektabilitas Ganjar masih 20,5 persen, kemudian pada Juni 2022 naik menjadi 22 persen.

2. Elektabilitas Prabowo anjlok di Oktober 2022, tapi masih di atas Anies

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Naik, Lewati Prabowo-AniesKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sedangkan Prabowo, elektabilitasnya pada Oktober 2022 ini anjlok bila dibandingkan pada Januari dan Juni 2022. Pada Januari 2022, elektabilitas Prabowo paling tinggi dibanding Ganjar dan Anies yaitu 26,5 persen. Namun pada Juni 2022, mulai turun di angka 25,3 persen.

Sementara Anies, elektabilitasnya pada Oktober ini mulai naik dibandingkan pada Januari dan Juni 2022. Meski posisinya masih di urutan ketiga setelah Ganjar dan Prabowo.

Pada Januari 2022 elektabilitas Anies 14,2 persen, kemudian pada Juni anjlok di angka 12,6 persen.

3. Pemilih NasDem lebih pilih Ganjar ketimbang Anies

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Naik, Lewati Prabowo-AniesIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Yang mengejutkan, dari hasil survei itu juga diketahui, pemilih Partai NasDem banyak memilih Ganjar yakni 26,9 persen. Sedangkan Anies hanya dipilih 15,4 persen, dan Prabowo Subianto 17,3 persen. Lalu ada juga nama Ridwan Kamil yang dipilih pemilih Nasdem sebesar 5,8 persen, dan Sandiaga Uno 1,9 persen.

Adapun survei Litbang Kompas ini digelar menggunakan wawancara tatap muka terhadap 1.200 reponden, dengan menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di Indonesia. Kepercayaannya 95 persen dan margin of error sekitar 2,8 persen.

Baca Juga: Disanksi PDIP, Ganjar Ogah Tarik Pernyataannya Siap Jadi Capres

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya