Update Terbaru Kasus Brigadir J, Prarekonstruksi Tanpa Bharada E

Prarekonstruksi dimulai pukul 11.15 WIB

Jakarta, IDN Times - Pada Sabtu, 23 Juli 2022, kepolisian menggelar prarekonstruksi di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen (Pol) Ferdy Sambo, di perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Prarekonstruksi digelar untuk mengungkap kasus tewasnya ajudan Ferdy Sambo, Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah Ferdy Sambo, pada Jumat 8 Juli 2022.

Apa saja yang terjadi dan berapa lama proses prarekonstruksi berlangsung? Berikut update terbaru kasus kematian Brigadir J sepanjang Sabtu.

1. Prarekonstruksi dimulai pukul 11.15 WIB

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, prarekonstruksi dilakukan oleh Polda Metro Jaya (PMJ). Belasan polisi datang ke tempat kejadian perkara (TKP), pukul 11.15 WIB. Beberapa di antara mereka menggunakan seragam polisi, baju dinas bebas, dan pakaian bertuliskan Inafis.

Tim kepolisian tersebut memasuki rumah dinas Ferdy Sambo melalui pintu gerbang garasi utama. Sebagian lainnya berjaga di luar.

"Semuanya akan dibuat secara terang-benderang. Ini yang saya sampaikan kepada rekan-rekan untuk pelaksanaan kegiatan pada hari ini," ujar Dedi.

Baca Juga: [UPDATE] Kuku Brigadir J Dicabut saat Masih Hidup hingga Penemuan CCTV

2. Bharada E dan istri Ferdy Sambo tidak dihadirkan dalam prarekonstruksi

Dalam prarekonstruksi ini, Bharada E dan istri Ferdy Sambo tidak dihadirkan. "Kalau di PMJ prarekonstruksi itu harus ada peran pengganti, peran pengganti sesuai dengan hasil keterangan para saksi dan temuan dari tim labfor, inafis, dokpol, itu dipadukan," ujar Dedi.

Dalam prarekonstruksi ini berlangsung adegan tembak menembak antara polisi untuk memperagakan aksi Bharada E dan Brigadir J pada Jumat berdarah, 8 Juli 2022.

Prarekonstruksi berakhir pukul 18.45 WIB, terhitung lebih dari 7 jam lamanya. Usai prarekonstruksi, terlihat kepolisian membawa sebuah koper dan tas jinjing. Beberapa di antaranya membawa kardus besar kemudian dimasukan ke dalam mobil. Usai menggelar prarekonstruksi, pihak kepolisian kembali menggembok pagar rumah Ferdy Sambo. Garis polisi tampak masih mengitari pagar rumah.

3. Makam Brigadir J di Jambi dibongkar pada Rabu 27 Juli 2022

Dalam rekonstruksi ini, disebutkan polisi sudah menemukan CCTV sepanjang jalan Magelang, Jawa Tengah hingga ke rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga.

Selanjutnya pada Rabu, 27 Juli 2022, para pakar forensik akan melaksanakan ekshumasi atau pembongkaran makam untuk autopsi jenazah di Jambi.

Pada kesempatan ini, Dedi Prasetyo mengimbau kuasa hukum keluarga Brigadir J untuk tidak melontarkan spekulasi yang menimbulkan kegaduhan. Dia juga mengimbau kepada seluruh pihak untuk berbicara sesuai kapasitas dan keahliannya. Sehingga tidak melahirkan berbagai spekulasi liar yang berujung menuai polemik publik.

"Itu nanti pihak expert (ahli) yang menjelaskan, kalau teman-teman media mengutip dari yang bukan expert justru permasalahan ini akan semakin mengeruh," kata Dedi.

Kuasa hukum keluarga Brigadir J, Johnson Panjaitan, yang juga berada di lokasi menyesalkan prarekonstruksi ini. Sebab, kata Johnson, prarekonstruksi, masih berdasarkan saksi atas laporan dari pihak Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga: Update Terbaru Kasus Brigadir J, Diduga Leher Ditarik dari Belakang

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya