Vaksinasi Booster Dimulai Hari Ini, Cek Tiketnya di PeduliLindungi

Berikut cara mengecek apakah sudah dapat tiket booster

Jakarta, IDN Times - Tepat hari ini, Rabu (12/1/2022), program vaksinasi booster atau vaksinasi COVID-19 dosis ketiga mulai dilaksanakan di Indonesia. Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Selasa kemarin mengumumkan, vaksinasi booster gratis untuk masyarakat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi booster ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas, dengan prioritas lansia dan penderita imunokompromais, juga sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis.

Bagi masyarakat yang masuk kelompok prioritas vaksinasi booster, bisa mengecek apakah namanya sudah terdaftar untuk mendapat tiket dan jadwal vaksinasi melalui  web PeduliLindungi.id dan aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Putuskan Vaksin Booster Gratis untuk Rakyat

1. Jenis vaksin untuk booster berbeda dengan vaksinasi dosis pertama dan kedua

Vaksinasi Booster Dimulai Hari Ini, Cek Tiketnya di PeduliLindungiilustrasi vaksin booster (IDN Times/Aditya Pratama)

Vaksin booster yang akan diberikan kepada masyarakat bersifat kombinasi atau berbeda dari vaksin yang sudah disuntikkan sebelumnya.

Bila pada vaksinasi dosis pertama dan kedua menggunakan Sinovac, maka vaksinasi booster menggunakan vaksin Pfizer atau AstraZeneca setengah dosis.

Sementara, jika pada vaksinasi dosis pertama dan kedua menggunakan AstraZeneca, maka untuk booster diberikan setengah dosis Moderna.

"Ini adalah kombinasi awal vaksin booster yang akan kita berikan berdasarkan ketersediaan vaksin yang ada, dan juga hasil riset yang sudah disetujui oleh Badan POM dan ITAGI. Nantinya bisa berkembang, tergantung kepada hasil riset baru yang masuk dan juga ketersediaan vaksin yang ada," ucap Menkes Budi.

2. Cara cek apakah sudah terdaftar dan dapat tiket dan jadwal untuk vaksinasi booster

Vaksinasi Booster Dimulai Hari Ini, Cek Tiketnya di PeduliLindungiANTARA/Arindra Meodia

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui apakah namanya sudah terdaftar untuk mendapat tiket dan jadwal vaksin booster, bisa mengeceknya langsung di web PeduliLindungi.id dan di aplikasi PeduliLindung.

Berikut cara mengecek status dan tiket vaksinasi melalui web:

  • Masukkan "Nama Lengkap" dan "Nomor Induk Kependudukan (NIK)"
  • Lalu klik "Periksa"

Bila dicek melalui aplikasi PeduliLindungi, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Buka aplikasi PeduliLindungi, masuk dengan akun yang terdaftar
  • Klik menu "Profil" dan pilih "Status Vaksinasi & Hasil Tes COVID-19"
  • Selanjutnya status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun. Untuk cek tiket vaksin, masuk ke menu "Riwayat dan Tiket Vaksin"

3. Kelompok prioritas yang belum dapat tiket, bisa datang langsung ke tempat vaksinasi terdekat

Vaksinasi Booster Dimulai Hari Ini, Cek Tiketnya di PeduliLindungiIlustrasi antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Bagi kelompok prioritas lansia dan PBI yang belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi, bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

"Pastikan untuk tidak menggunakan NIK dan nomor handphone milik orang lain saat mendaftar vaksinasi booster, untuk menghindari kendala administrasi di kemudian hari," pesan Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi.

Baca Juga: Seluruh Puskesmas di DKI Jakarta Disiapkan Layani Vaksinasi Booster

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya