Ingin Salat Idul Fitri di JIS, Ini 6 Lokasi Parkirnya

Disediakan juga bus pengumpan di setiap kantong parkir

Jakarta, IDN Times - Jakarta International Stadium (JIS) bakal menjadi lokasi baru salat Idul Fitri di Ibu Kota. Untuk memenuhi animo warga, Suku Dinas Perhubungan Jakarta menyiapkan enam lokasi parkir yang tersebar di luar area JIS.

Jakarta International Stadium dirancang khusus sebagai wadah untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam penggunaan angkutan umum, karena itu minim lahan parkir.

Baca Juga: Pemprov DKI Gelar Takbiran di JIS, 8 Ribu Orang Diperkirakan Hadir

1. Lokasi dan kapasitas lahan parkir

Ingin Salat Idul Fitri di JIS, Ini 6 Lokasi ParkirnyaUpdate pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jumat (14/1/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara Harlem Simanjuntak mengatakan, terdapat enam kantong parkir di luar JIS, seperti di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof Sulianto Saroso dengan kapasitas 50 unit mobil dan 150 unit motor, dan Universitas 17 Agustus (Untag) dengan kapasitas 80 unit mobil dan 200 unit sepeda motor.

Selain itu, Hotel D'Arcici Sunter dengan kapasitas 50 unit mobil dan 100 unit sepeda motor, Ruko Sunter Nirwana dengan kapasitas 50 unit mobil dan 150 unit sepeda motor, dan Graha YKI dengan kapasitas 20 unit mobil dan 50 unit sepeda motor.

Termasuk, kantong parkir di Kantor Wali Kota Jakarta Utara yang mampu menampung ratusan mobil dan sepeda motor.

"Area parkir di JIS hanya tersedia 1.305 satuan ruang parkir (SRP). Jadi, kami sediakan kantong-kantong parkir di luar JIS," jelas Harlem Simajuntak, dikutip dari ANTARA.

2. Disediakan juga bus pengumpan

Ingin Salat Idul Fitri di JIS, Ini 6 Lokasi ParkirnyaBus Listrik Transjakarta (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Beberapa unit bus pengumpan (feeder) juga disediakan di setiap kantong parkir untuk memudahkan jemaah menuju dan kembali dari JIS.

Kecuali pada kantong parkir Kantor Wali Kota Jakarta Utara, disediakan sepuluh unit bus Transjakarta dengan kapasitas penumpang besar.

"Baik bus sekolah 'feeder' maupun bus TransJakarta akan siap mengantar jemaah menuju JIS sejak pukul 04.00 WIB di setiap kantong parkir yang telah kami tentukan," katanya.

3. PAM Jaya siapkan toilet portabel dan fasilitas wudu

Ingin Salat Idul Fitri di JIS, Ini 6 Lokasi ParkirnyaPenampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kota Jakarta Utara Wawan Budi Rohman mengatakan, juga ditambahkan sejumlah sarana dan prasarana pendukung seperti mimbar dan tempat salat khatib, yang tengah disiapkan sesuai titik kiblat yang telah ditentukan oleh tim Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Provinsi DKI Jakarta.

Berkolaborasi dengan PAM Jaya, toilet umum portabel dan fasilitas berwudu juga akan disiapkan.

Baca Juga: Satgas COVID-19: Salat Idul Fitri Tahun Ini Bisa Rapatkan Saf

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya