Profil Fatia Maulidiyanti, Aktivis HAM yang Diperkarakan Luhut

Fatia dan Haris Azhar dipanggil kembali untuk pemeriksaan

Jakarta, IDN Times - Nama Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti ramai dibicarakan usai dirinya bersama Direktur Lokataru Haris Azhar, ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan pencemaran nama baik Menteri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Hari ini, Selasa (1/11/2022), penyidik Polda Metro Jaya kembali memanggil keduanya untuk diperiksa. "Bahwa betul hari ini ada pemeriksaan tambahan terhadap yang bersangkutan," kata Kabid Humas Polda Mtero Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan.

Nah, sebagian dari kalian tentu ada yang penasaran dengan profil Fatia Maulidiyanti bukan? Berikut profilnya yang sudah IDN Times rangkum di bawah ini.

1. Fatia Maulidiyanti sudah jadi koordinator KontraS sejak 2020

Profil Fatia Maulidiyanti, Aktivis HAM yang Diperkarakan LuhutKoordinator Kontras, Fatia Maulidiyanti saat diwawancarai wartawan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/7/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Fatia Maulidiyanti sendiri tercatat merupakan Koordinator Komisi Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) sejak tahun 2020. Ia menggantikan Yati Andriyani yang sebelumnya menjabat sebagai Koordinator KontraS periode 2017 – 2020.

Fatia mengenyam pendidikan di Universitas Parahyangan Bandung pada 2010 jurusan Ilmu Hubungan Internasional dan lulus di tahun 2015.

Minatnya pada kegiatan advokasi sudah terlihat sebelum berkarir di KontraS. Ia merupakan lulusan Sekolah Hak Asasi Manusia (SeHAMA) yang diadakan KontraS pada 2014. Setelah itu ia langsung memulai kiprahnya di KontraS.

Baca Juga: Menko Luhut Tak Akan Cabut Laporan Haris Azhar dan Fatia

2. Pernah menjadi Kepala Divisi Advokasi Internasional

Profil Fatia Maulidiyanti, Aktivis HAM yang Diperkarakan LuhutHaris Azhar dan Fatia Maulidiyanti usai diperiksa di Polda Metro Jaya (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelum menjadi koordinator dan namanya ramai usai menjadi tersangka, Fatia menjabat sebagai Kepala Divisi Advokasi Internasional.

Kasus-kasus yang pernah Fatia tangani yaitu kasus Munir, kebebasan sipil, isu ekonomi, sosial, dan budaya, serta isu hak asasi manusia lainnya.

Dalam akun LinkedInnya, Fatia tercatat sebagai pendiri komunitas Book for Tomorrow, yang mengumpulkan donasi buku dari masyarakat kepada para terpidana mati di Indonesia. Ia juga merupakan Campaign Officer dari Walk Free Organization sejak Juli 2013 hingga saat ini.

Baca Juga: Dilaporkan Luhut, Pemeriksaan Haris Azhar dan Fatia Berlanjut Hari Ini

3. Jarak pemeriksaan pertama dan kedua cukup lama

Profil Fatia Maulidiyanti, Aktivis HAM yang Diperkarakan LuhutDirektur Eksekutif Lokataru, Haris Azhar ketika berbicara di program siniar dengan Fatia Maulidiyanti (Tangkapan layar YouTube Haris Azhar)

Adapun, jarak pemeriksaan tambahan dua aktivis ini cukup lama dari pemeriksaan pertama pada Maret 2022 lalu. Zulpan enggan berkomentar terkait hal ini. “Pemeriksaan tambahan aja,” kata Kombes Zulpan.

Haris dan Fatia ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pencemaran nama baik pada Jumat (17/3/2022). Status tersangka yang diberikan penyidik Polda Metro Jaya pada keduanya itu, didasari Surat Pemberitahuan Penetapan Tersangka untuk masing-masing dengan Nomor: B/4135/III/RES.2.5/2022/Ditreskrimsus dan Nomor: B/4136/III/RES.2.5/2022/ Ditreskrimsus tertanggal 17 Maret 2022.

Sebelumnya Luhut melaporkan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti yang teregister di Polda Metro Jaya dengan nomor STTLP/B/4702/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA, 22 September 2021.

Luhut melaporkan terkait video yang diunggah di akun YouTube bulan Agustus 2021 yang bertajuk "Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya!! Jenderal BIN Juga Ada!!".

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya