3 Tips Jokowi untuk Pensiunan yang Ingin Memulai Usaha

Jokowi berpesan agar pensiunan hati-hati kelola uang

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri acara Program Wirausaha dan Pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN), di SICC Sentul, Bogor, Rabu (16/1). Dalam acara tersebut, Jokowi hadir untuk membuka acara.

Di hadapan purnatugas ASN, Jokowi mengungkapkan pentingnya berwirausaha bagi para pensiunan. Pasalnya, hal itu bisa menambah kesejahteraan pensiunan ASN. Tak lupa, Jokowi juga memberikan pesan-pesan kepada para purnatugas ASN. Apa itu?

Baca Juga: Gibran Rakabuming, Putra Sulung Jokowi yang Juga Pengusaha Sukses

1. Purnatugas ASN harus berhati-hati dalam mengelola keuangan

3 Tips Jokowi untuk Pensiunan yang Ingin Memulai UsahaIDN Times/ Helmi Shemi

Jokowi menyampaikan, tunjangan yang diberikan pemerintah kepada purnatugas ASN diharapkan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dia melanjutkan, para pensiunan harus pandai mengelola uang tunjangan tersebut agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Asal penggunaannya tidak konsumtif, asal bisa menabung, asal bisa mengelola keuangan dengan baik," jelas Jokowi di SICC, Bogor, Rabu (16/1).

Maka dari itu, Jokowi lalu berpesan agar pensiunan ASN lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan.

"Oleh sebab itu, proses-proses pendampingan yang akan pensiun, yang akan purnatugas maupun yang telah pensiun, untuk berwirausaha adalah sebuah ajakan yang baik," terangnya.

2. Jokowi sarankan membuat usaha sesuai bidangnya

3 Tips Jokowi untuk Pensiunan yang Ingin Memulai UsahaANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Lebih lanjut, Jokowi menerangkan, berwirausaha itu tidaklah mudah. Sehingga, ia menyarakan agar para purnatugas ASN mencari bisnis atau usaha sesuai bidang masing-masing.

"Misalnya dari kementerian kelautan dan perikanan kan dekat dengan ikan. Oleh sebab itu, bisnisnya jangan jauh-jauh dari itu. Ilmunya kita tahu, sehingga untuk memulai lebih mudah dibanding misal bekerjanya di KKP, bisnisnya pertanian. Nah ini kan sama pertanian jauh. Hati-hati," pesan Jokowi.

3. Jokowi: Ambil usaha yang risikonya kecil

3 Tips Jokowi untuk Pensiunan yang Ingin Memulai UsahaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jokowi menambahkan, dalam berwirausaha harus dilihat pasarnya. Sebab, kata mantan Wali Kota Solo ini, memproduksi sebuah produk memang lah mudah, tapi dalam pemasarannya harus dilihat akan dipasarkan kemana dan dimana.

"Ambil usaha-usaha yang risikonya kecil. Saran, misalnya barang-barang yang tidak cepat busuk atau basi. Kalau tidak cepat, hati-hati," pesan Jokowi.

"Ambil bisnis-bisnis yang kalau tidak laku nilainya tetap tambah. Misalnya mendirikan kos-kosan. Mendirikan kos-kosaan income-nya ada jelas setiap bulan dan tahun, tetapi nilai bangunan setiap tahun pasti naik," paparnya.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Kiat Sukses Bisnis Gibran dan Kaesang, Seperti Apa?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya