Comscore Tracker

Ada Penerbangan Wuhan-Soetta, Kemenhub: Charter Bawa TKA

Bukan penerbangan berjadwal atau reguler

Jakarta, IDN Times - DirekturJenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto memastikan, penerbangan Lion Air rute Bandara Soekarno-Hatta-Wuhan, Tiongkok, bukanlah penerbangan berjadwal atau reguler, melainkan penerbangan charter.

Pernyataannya ini guna menanggapi pemberitaan yang beredar terkait pembukaan penerbangan maskapai Lion Air dengan rute Wuhan-Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Wuhan Buka Lagi Penerbangan Internasional, Salah Satunya ke Jakarta

1. Kemenhub sebut penerbangan Wuhan-CGK menggunakan sistem charter

Ada Penerbangan Wuhan-Soetta, Kemenhub: Charter Bawa TKAIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Novie menyebut, penerbangan Wuhan-Soekarno Hatta bukanlah penerbangan berjadwal, melainkan sistem charter. Ia menerangkan pihaknya memastikan pembukaan rute penerbangan sudah sesuai  peraturan penerbitan Flight Approval (FA) dan telah memenuhi syarat keimigrasian dan kesehatan, serta kepentingan nasional dalam menangani penyebaran wabah COVID-19.

"Penerbangan internasional rute Wuhan-CGK yang dilayani oleh Lion Air, kami pastikan bahwa penerbangan tersebut merupakan penerbangan yang dilakukan dengan sistem charter, bukan berjadwal dan telah memenuhi persyaratan keimigrasian dan kesehatan. Penerbitan FA pun tetap memperhatikan aspek pengendalian COVID-19 di Indonesia," ujar Novie dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/5/2021).

2. Penumpang pesawat adalah TKA asal Tiongkok

Ada Penerbangan Wuhan-Soetta, Kemenhub: Charter Bawa TKAIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Novie menjelaskan penerbangan sistem charter pada rute Wuhan-Bandara Soekarno-Hatta itu membawa Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang telah memenuhi syarat keimigrasian. Ia juga menyebut TKA Tiongkok itu telah memenuhi persyaratan dokumen kesehatan.

"Serta selanjutnya dilakukan karantina dan telah dilakukan test PCR sebanyak dua kali,” ucapnya.

3. Penerbangan Wuhan-Soekarno Hatta sempat dikabarkan dibuka kembali

Ada Penerbangan Wuhan-Soetta, Kemenhub: Charter Bawa TKAIlustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, dikabarkan jalur penerbangan dari Jakarta menuju Wuhan, Tiongkok, dibuka kembali. Jalur penerbangan itu dibuka lagi untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang setiap hari Senin. Dilansir dari ANTARA, jalur penerbangan tersebut dilayani Lion Air menggunakan pesawat Boeing 737-900.

Pesawat bernomor penerbangan JT-2619 berangkat dari Jakarta pukul 06.20 WIB dan tiba di Wuhan pada pukul 12.25 WIB. Pesawat yang berganti nomor penerbangan menjadi JT-2618 itu lalu kembali dari Wuhan pukul 15.10 waktu setempat (14.10 WIB) dan tiba pukul 20.20 WIB.

Baca Juga: Tim Ahli Tolak Teori Asal-Usul COVID-19 dari Lab di Wuhan

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya