Comscore Tracker

Asosiasi Peternak Akui Ingin Bertemu Jokowi sejak 2014

Peternak minta harga pakan jagung turun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengundang asosiasi peternak ke Istana Kepresidenan Jakarta. Ketua Pinsar Petelur Nasional Yudianto Yusgiarto mengatakan asosiasi peternak sudah ingin bertemu Jokowi sejak 2014. Namun, baru bisa terealisasi hari ini.

“Kami sudah berupaya untuk bisa bertemu Pak Presiden ini dari tahun 2014. Kami belum pernah mendapatkan kesempatan,” kata Yudianto usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Cerita Suroto Diundang ke Istana Usai Bentangkan Poster ke Jokowi

1. Aksi nekat Suroto berhasil membawa asosiasi peternak bertemu Jokowi

Asosiasi Peternak Akui Ingin Bertemu Jokowi sejak 2014Peternak ayam Blitar, Suroto, di Kompleks Istana Negara pada Rabu (15/9/2021). (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Yudianto menuturkan, pertemuan antara asosiasi peternak dengan Jokowi terjalin karena aksi nekat peternak ayam, Suroto. Dia membentangkan poster bertuliskan, ‘Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar' saat Jokowi melakukan kunjungan ke Jawa Timur.

“Iya salah satunya memang pemicunya adalah dari Bapak Suroto. Pertemuan ini sungguh-sungguh sangat melegakan karena ini merupakan satu perjuangan dari kami para peternak petelur,” jelas Yudianto.

2. Peternak minta harga pakan jagung turun agar tak alami kerugian

Asosiasi Peternak Akui Ingin Bertemu Jokowi sejak 2014Peternak ayam petelur di Tuban. IDN Times/Imron

Dalam pertemuan itu, Suroto mengatakan para peternak meminta agar harga pakan jagung diturunkan agar mereka tidak mengalami kerugian.

“Kami berharap kepada Bapak Menteri Pertanian agar kiranya berkenan memberikan arahan memberikan petunjuk kepada kami peternak, terutama di sentra-sentra peternakan yang terebar di seluruh Indonesia agar relisasi kami menerima jagung dengan harga Rp4.500 ini benar-benar dapat terlaskana dengan baik,” ujar Yudianto.

Baca Juga: Jokowi Berterima Kasih Diprotes Peternak Suroto lewat Poster

3. Asosiasi peternak harap bantuan PKH dan BPNT gunakan telur

Asosiasi Peternak Akui Ingin Bertemu Jokowi sejak 2014Asosiasi Peternak memberikan keterangan pers usai bertemu Presiden Jokowi pada Rabu (15/9/2021) di Istana Negara. (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Tak hanya itu, para asosiasi peternak juga berharap Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk memberikan bantuan PKH dan BNPT dalam bentuk komoditas telur. 

“Sehingga pada saat pandemik, di mana penyerapan dari masyarakat kurang tetapi pemerintah proaktif menyerap telor dan memberi secara cuma-cuma ataupun bantuan masyarakt dan ini menolong semuanya, masyarakat tertolong. Sehingga ke depan ketersediaan pangan akan tetap stabil,” ucapnya.

Baca Juga: Harga Telur Turun, Peternak Bantul Tak Mampu Tutupi Biaya Pakan 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya