Bansos Dibagikan Hari Ini, Jokowi: Cek Lapangan, Harus Tepat Sasaran!

Bansos ini diutamakan untuk warga di Jakarta dan Bodetabek

Jakarta, IDN Times - Pendistribusian bantuan sosial berupa sembako dari pemerintah kepada warga Jabodetabek yang terdampak pandemik virus corona atau COVID-19 sudah dimulai pagi ini, Senin (20/4). Bansos akan dibagikan kepada 1,2 juta keluarga di DKI Jakarta dan 600 ribu keluarga di Bodetabek.

Mengenai bansos sembako tersebut, Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta agar bansos yang diberikan harus tepat sasaran. Hal itu diperintahkan Jokowi saat memberi arahan dalam rapat terbatas bersama menteri kabinet dan tim Gugus Tugas COVID-19.

1. Jokowi ingatkan bansos harus benar-benar tepat sasaran

Bansos Dibagikan Hari Ini, Jokowi: Cek Lapangan, Harus Tepat Sasaran!(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menyoal penyaluran bansos, Jokowi mengingatkan agar pendistribusian bisa dimulai dari wilayah DKI Jakarta, dan menyusul wilayah Bodetabek. Ia juga ingin agar bansos yang diberikan tepat sasaran.

"Saya ingin agar bansos kepada yang kurang mampu ini betul-betul tepat sasaran," kata Jokowi yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (20/4).

Baca Juga: PSBB Jakarta: Masih Banyak Warga Tanyakan Nasib Terima Bansos

2. Bansos harus diawasi di lapangan

Bansos Dibagikan Hari Ini, Jokowi: Cek Lapangan, Harus Tepat Sasaran!(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Agar bansos tersalurkan dengan tepat, Jokowi pun meminta untuk dilakukan pengawasan, terutama untuk di lapangannya.

"Ada cek lapangan, sehingga barang-barangnya itu bisa diterima penerimanya dengan baik, dan sekali lagi bisa benar tepat sasaran," ujar Jokowi.

3. Kemensos mulai bagikan bansos pagi ini

Bansos Dibagikan Hari Ini, Jokowi: Cek Lapangan, Harus Tepat Sasaran!Konferensi pers Mensos Juliari tentang jaring pengaman sosial Rp110 Triliun (Dok. Kemensos)

Sebelumnya, Kementerian Sosial (Kemensos) resmi membagikan bantuan sosial berupa sembako kepada warga DKI Jakarta yang terdampak pandemik virus corona atau COVID-19. Bantuan tersebut disalurkan secara simbolis oleh Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara pagi ini.

"Baru saja kita menyaksikan secara simbolis tadi pagi, mewakili Bapak Presiden, untuk hari ini kita melakukan distribusi paket sembako ke wilayah-wilayah di DKI Jakarta," kata Juliari yang disiarkan langsung melalui channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (20/4).

Juliari mengatakan, bansos tersebut khusus diberikan bagi masyarakat yang terdampak COVID-19. Ia menambahkan, bansos untuk wilayah Bogor, Bekasi, Depok, dan Tangerang akan segera menyusul dan didistribusikan.

"Ini khususnya bagi warga yang terdampak COVID-19 di DKI Jakarta dan nanti menyusul di wilayah di sebagian Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Tangsel, dan Kota Bekasi," ujar dia

Kemensos yang bekerja dengan berbagai pihak dalam pendistribusian sembako, seperti PT Pos Indonesia dan juga ojek daring, Juliari berharap agar dengan kerja sama tersebut maka pendistribusian sembako bisa tepat sasaran.

"Kami berharap agar dapat tepat sampai di keluarga-keluarga yang memang paling membutuhkan," ucap Juliari.

Bansos dari pemerintah itu akan diberikan kepada 1,2 juta warga DKI Jakarta dan 600 ribu warga Bodetabek. Bansos sembako akan diberikan dalam waktu 3 bulan ke depan.

Baca Juga: Kemensos Distribusikan Bansos Sembako untuk 1,2 Juta Keluarga di DKI

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya