Erick Thohir Ajukan 4 Nama Wamen ke Jokowi

Keputusan soal wamen ada di tangan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, telah mengajukan tiga hingga empat nama untuk menjadi wakil menterinya. Nama-nama itu diajukan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Namun, Erick enggan memberitahu siapa saja empat nama itu.

Menteri BUMN sebelumnya, Rini Soemarno, tak memiliki wakil menteri. Sementara, Erick diberi kesempatan oleh Jokowi untuk mengajukan wakil menteri (wamen).

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir: Utang Tak Selamanya Negatif

1. Keputusan soal wamen ada di tangan Jokowi

Erick Thohir Ajukan 4 Nama Wamen ke JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meskipun Erick sudah menyiapkan tiga hingga empat nama untuk dijadikan sebagai wamennya, namun keputusan tetap ia serahkan kepada Presiden Jokowi. Menurutnya, Jokowi akan memilih satu atau dua nama dari yang ia ajukan.

"Ada 3 sampai 4 nama. Tapi kan nanti Beliau (Jokowi) milih satu, dua," kata Erick di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).

2. Jokowi putuskan wamen malam ini

Erick Thohir Ajukan 4 Nama Wamen ke JokowiPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Erick tak memberitahu lebih lanjut siapa nama-nama yang ia ajukan. Dia hanya mengatakan bahwa Jokowi malam ini akan menyeleksi nama-nama tersebut.

"Belum tahu, kan besok. Kita mengajukan beberapa nama, Beliau menyeleksi malam ini, kemungkinan segera diangkat besok," ucap dia.

3. Kriteria wamen menurut Erick

Erick Thohir Ajukan 4 Nama Wamen ke Jokowiinstagram.com/erickthohir

Untuk kriteria wamennya, Erick menjelaskan, ia ingin wamennya profesional dan mempunyai jejak rekam yang baik. Sebab, di BUMN ke depannya akan mengelola aset ribuan triliun.

"Kalau tidak profesional dan track record kurang bagus, gimana rakyat bisa percaya, bagaimana juga anak buah yamg dipimpin bisa percaya," terang Erick.

"Yang lainnya juga ya saya ingin berharap selain kita mengangkat, kita membangun juga future leader, pengganti-pengganti ke depan. Kalau saya selalu konsisten seperti itu, kaya di KOI kan yang gantiin muda juga," tambah dia.

Baca Juga: Jika Tak Capai Target, Erick Thohir Siap Dicopot dari Menteri BUMN

Topik:

  • Sunariyah
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya