Gempa Donggala, BNPB: 48 Orang di Palu Meninggal, 356 Luka-luka 

Jumlah koban dikhawatirkan terus bertambah karena...

Jakarta, IDN Times -  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho merilis, sedikitnya 48 orang di Palu, Sulawesi Tengah meninggal dunia setelah gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) mengguncang Donggala dan sekitarnya pada Jumat (28/9). Selain itu, sebanyak 356 orang luka-luka.
 

"Ribuan rumah rusak," kata Sutopo dalam jumpa pers di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (29/9).

Gempa bumi yang terjadi di wilayah Donggala, Sulawesi Tengah dan sekitarnya mengakibatkan terjadinya tsunami di Pantai Palu Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9). Sejak Jumat malam, evakuasi korban terus dilakukan meski di tengah kondisi listrik dan jaringan komunikasi yang lumpuh. 
 

1. Korban tsunami di Kota Palu tengah didata

Gempa Donggala, BNPB: 48 Orang di Palu Meninggal, 356 Luka-luka ANTARA FOTO/BNPB

Sutopo menjelaskan, korban meninggal dunia sebagian besar karena tertimpa bangunan pasca-gempa bumi. Sementara, untuk korban tsunami masih belum di data. 

"Sedangkan tsunami banyak di pantai-pantai. Jumlahnya masih dalam pendataan. Memperkirakan jumlah korban akan terus bertambah. Korbannya ada, tapi pendataan belum dilaporkan secara resmi ke BNPB," ungkapnya.

2. Kerusakan bangunan diperkirakan akan bertambah

Gempa Donggala, BNPB: 48 Orang di Palu Meninggal, 356 Luka-luka ANTARA FOTO/HO/pras

Selain korban jiwa, Sutopo juga menyampaikan bahwa kerusakan bangunan juga terjadi di Kota Palu akibat gempa dan bencana. Ia pun memperkirakan, kerusakan akan terus bertambah.

"Kerusakan masih dalam proses pendaatan, tapi ada beberapa bangunan rumah yang hancur, pusat perbelanjaan, hotel lainnya ambruk," jelasnya.

Baca Juga: Ternyata, Ini Penyebab Tsunami Setelah Gempa Donggala

3. BNPB belum mendapat informasi lanjut dari Kabupaten Donggala

Gempa Donggala, BNPB: 48 Orang di Palu Meninggal, 356 Luka-luka ANTARA FOTO/HO/BNPB-Sutopo Purwo N/pras

Sutopo mengaku bahwa apa yang ia sampaikan terkait dengan keadaan Kota Palu saat ini. Untuk di Kabupaten Donggala sendiri, ia menyebut bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi dari lokasi.

"Untuk saat ini di Kabupaten Donggala kami belum mendapatkan informasi," terang dia.

Baca Juga: [VIDEO] Akibat Gempa dan Tsunami, Jembatan Ponulele di Palu Roboh

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya