Hadiri Acara Natal Nasional, Jokowi Khawatir Tak Banyak yang Datang

"Saya deg-degan, saya pikir apa gedung gak kegedean.."

Bogor, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri perayaan Natal Nasional 2019, di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12). Dalam sambutannya, Jokowi sempat mengatakan ragu apakah acara Natal nasional akan penuh atau tidak.

Namun, saat Jokowi datang ke SICC, ia mengaku cukup lega karena hadirin yang hadir cukup banyak dan memenuhi hall utama di SICC.

1. Jokowi sempat khawatir acara Natal nasional tidak banyak yang hadir

Hadiri Acara Natal Nasional, Jokowi Khawatir Tak Banyak yang DatangPresiden Jokowi di SICC, Bogor, Jawa Barat, Jumat 27 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi mengaku cukup takut ketika Menteri Sosial Juliari Batubara menyampaikan padanya bahwa acara akan dilaksanakan di SICC. Jokowi sempat ragu dan mengira gedung itu terlalu besar, sehingga jika hadirin yang datang sedikit akan terlihat.

"Saya tadi sore deg-degan, ketika ketua panitia, Bapak Mensos, menyampaikan pada saya bahwa acara diselenggarakan di Sentul. Saya berpikir apakah gedungnya tidak kegedean. Kalau kosong nanti seperti apa," kata Jokowi.

Baca Juga: Pesan Jemaat GKI-HKBP ke Jokowi: Pak Presiden, Buka Gembok Gereja Kami

2. Jokowi lega karena jemaat yang hadir memenuhi gedung SICC

Hadiri Acara Natal Nasional, Jokowi Khawatir Tak Banyak yang DatangSICC, Bogor, Jawa Barat, Jumat 27 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Meski sempat meragukan gedung akan terpenuhi dengan jemaat yang merayakan natal, Jokowi akhirnya pun lega karena ternyata gedung terisi penuh, bahkan terlihat kecil.

"Masa perayaan natal kok lengang dan tidak penuh. Tapi begitu saya masuk, ternyata penuh dan buanyaaak sekali yang hadir. Malah kebalik kelihatannya gedungnya kurang besar," ujar Jokowi.

3. Jokowi sebut suasana Natal tahun ini penuh suka cita

Hadiri Acara Natal Nasional, Jokowi Khawatir Tak Banyak yang DatangPresiden Jokowi saat peresmian TPA Manggar di Balikpapan pada 18 Desember 2019 (IDN Times/Mela Hapsari)

Jokowi menyampaikan, Natal tahun ini menjadi perayaan yang menggembirakan. Perayaan Natal kali ini diliputi dengan suasana suka cita dan kerukunan.

"Suasana persahabatan, suasana persaudaraan, juga cinta kasih sesama saudara sebangsa setanah air," ucap Jokowi.

4. Jajaran pejabat negara yang hadir

Hadiri Acara Natal Nasional, Jokowi Khawatir Tak Banyak yang DatangPresiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat 27 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selain dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi, acara Natal nasional juga dihadiri oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menag Fachrul Razi, Mensos Juliari Batubara, Menko Polhukam Mahfud MD, Menkumham Yasonna Laoly, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menkominfo Johnny G Plate, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, dan lainnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Presiden Jokowi Naikkan Manfaat Bpjamsostek Tanpa Kenaikan Iuran 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya