Comscore Tracker

Ini Program-Program Jokowi dan Prabowo di Bidang Lingkungan Hidup

Program tak cuma bagus, tapi juga harus dilaksanakan

Artikel ini merupakan jawaban dari pertanyaan terpilih yang masuk ke fitur #MillennialsMemilih by IDN Times. Bagi pembaca yang punya pertanyaan seputar Pilpres 2019, bisa langsung tanyakan kepada redaksi IDN Times.

Jakarta, IDN Times - Mendekati Pilpres 2019, kedua pasangan calon sudah mulai berlomba-lomba mengkampanyekan program-program mereka ke masyarakyat. Masalah lingkungan hidup kadang menjadi isu yang tidak 'menjual', bahkan tak jarang hanya dilihat sebelah mata oleh pasangan capres.

Nah, bagaimana program-program dari Jokowi dan Prabowo dalam untuk isu lingkungan hidup? 

Baca Juga: Sosok-sosok Berprestasi di Kubu Jokowi dan Prabowo

1. Visi misi Jokowi-Ma'ruf untuk program lingkungan hidup

Ini Program-Program Jokowi dan Prabowo di Bidang Lingkungan HidupDok IDN Times/TKN Jokowi-Ma'ruf

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin, Lena Maryana Mukti mengatakan pada 2019, pasangan pasangan nomor urut 01 tentu memasukkan sektor lingkungan hidup ke dalam program prioritas. 

Sebagai petahana, Jokowi akan kembali menggaungkan programnya yang belum terselesaikan dan melanjutkan dengan yang lebih baik. Lena mengatakan, visi misi Jokowi-Ma'ruf untuk program lingkungan hidup yakni mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan.

"Dalam visi dan misi Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin terdapat program khusus terkait KLH (Kementerian Lingkungan Hidup), yaitu mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan," kata Lena saat dihubungi IDN Times, Jumat (9/11).

2. Tiga program prioritas Jokowi-Ma'ruf di sektor lingkungan hidup

Ini Program-Program Jokowi dan Prabowo di Bidang Lingkungan HidupIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lena menyebutkan terkait dengan visi misi di bidang lingkungan hidup, Jokowi-Ma'ruf menargetkan tiga program turunan yang akan diprioritaskan pada 2019.

"Pertama, pengembangan kebijakan tata ruang terintegrasi. Kedua, mitigasi perubahan iklim. Ketiga, penegakan hukum dan rehabilitasi lingkungan hidup," ujar dia.

3. Program-program lingkungan hidup di pemerintahan Jokowi

Ini Program-Program Jokowi dan Prabowo di Bidang Lingkungan Hidup

Sementara, selama memimpin pemerintahan Jokowi, beberapa pencapaian di bidang lingkungan hidup sempat mendapat pujian. Menurut data di www.menlhk.go.id, beberapa program lingkungan hidup pada era Jokowi hingga 2017 cukup berhasil, antara lain bebas asap, ketegasan penegakan hukum lingkungan, tata kelola lingkungan yang kian tertata, dan masih banyak lainnya.

Di bawah kepemimpinan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, selama 2017, tidak ada lagi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara nasional. Tidak ada lagi ekspor asap ke negara tetangga. Rakyat bisa mendapatkan lingkungan sehat, setelah hampir dua dekade bencana yang sama selalu berulang.

Hingga 31 Desember 2017, berdasarkan satelit NOAA18, jumlah titik api berhasil turun drastis dari 21.929 pada 2015, menjadi hanya 2.581 pada 2017. Sedangkan dari satelit TERRA/AQUA (NASA) pada periode yang sama, dari 70.971 titik panas pada 2015, menjadi hanya 2.440 pada 2017.

Selain itu, keberhasilan bebas asap tersebut tak lepas dari kebijakan-kebijakan pada masa pemerintahan Jokowi. Seperti lahirnya Peraturan Pemerintah Perlindungan Gambut, moratorium izin, hingga penegakkan hukum yang tanpa ampun juga menyasar korporasi nakal.

Sepanjang 2015-2017 dilakukan 1.444 pengawasan izin lingkungan. Pada periode yang sama, dikeluarkan 353 sanksi administratif. Ketiga sanksi itu meliputi pencabutan izin, 21 sanksi pembekuan izin, 191 sanksi paksaan pemerintantah, 23 sanksi teguran tertulis, dan 115 sanksi berupa surat peringatan.

Ganti kerugian dari putusan inkracht untuk pemulihan lingkungan (perdata), mencapai Rp17,82 triliun. Sedangkan, pengganti kerugian lingkungan di luar pengadilan (PNBP) senilai Rp36,59 miliar. Dan ini belum termasuk beberapa kasus yang dimenangkan KLHK menjelang tutup tahun, dan menjadi angka terbesar dalam sejarah penegakkan hukum lingkungan hidup di Indonesia.

Tak hanya itu, pada era pemerintahan Jokowi, reformasi agraria juga menjadi salah satu programnya. Reformasi agraria merupakan distribusi ulang lahan pertanian atas dukungan pemerintah. Salah satu tujuan reformasi agraria adalah untuk memperbaiki struktur ketimpangan lahan, dan mengembalikan tanah pada esensinya, yakni sebagai alat produksi pertanian yang berdampak pada peningkatan produktifitas serta menaikkan taraf hidup petani. 

Pada era Jokowi, Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reformasi Agraria mulai disosialisasikan. Hal itu dianggap penting, terutama bagi para petani yang selama ini menjadi penggarap. Tetapi, penerapan reformasi agraria ini perlu ada komitmen dari berbagai instansi, khususnya pemerintah daerah, agar program yang dicanangkan bisa sukses.

Pada 2019, Jokowi-Ma'ruf akan semakin memperkuat program yang sudah ada, sehingga tercapailah target lingkungan hidup berkelanjutan.

4. Prabowo-Sandi bentuk relawan BroSandi

Ini Program-Program Jokowi dan Prabowo di Bidang Lingkungan HidupIDN Times/Irfan Fathurohman

Calon Wakil Presidwn Sandiaga Uno menyebut jika pihaknya juga akan fokus terhadap isu lingkungan hidup. Karena itu, Prabowo-Sandi memiliki relawan yang memang dibuat khusus untuk permasalahan lingkungan hidup.

“Jadi kita ada relawan, namanya BroSandi, relawan BroSandi ini dikepalai oleh Fahreza, kita fokus di isu-isu lingkungan dan kita fokus di isu-isu keberlanjutan, sustainability, kita ingin ciptakan yang disebut sebagai greenjobs,” ucapnya usai bertemu Kader Gerindra Kota Tangerang di Telaga Seafood, BSD, Tangerang Selatan, Jumat (9/11).

5. Pengelolaan sungai jadi sumber lapangan kerja baru

Ini Program-Program Jokowi dan Prabowo di Bidang Lingkungan HidupANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Greenjobs yang dimaksud Sandi adalah pengelolaan sungai yang dapat membuka lapangan kerja baru bagi 2-3 juta orang.

“Jadi untuk pengelolaan sungai kelestarian lingkungan hidup, kita bisa membidik antara 2 sampai 3 juta lapangan kerja baru,” ucap dia.

6. Mengkonversi gedung-gedung agar ramah lingkungan dan mengawasi perizinan pertambangan

Ini Program-Program Jokowi dan Prabowo di Bidang Lingkungan HidupIDN Times/Irfan Fathurohman

Sandi juga mengungkapkan keinginannya untuk daerah Tangerang Selatan, Banten, mencari cara mengkonversi gedung-gedung agar ramah lingkungan.

“Gedung-gedung ini bisa mengonsumsi energi yang lebih hemat, gedung ini bisa menggunakan energi alternatif, baru dan terbarukan. Kemarin kita ada kegiatan untuk rehabilitasi lahan-lahan kritis, kita pantai juga kita perbaiki, jadi lingkungan itu merupakan satu fokus dari Prabowo Sandi,” papar dia.

Perizinan tambang dan eksploitasi hutan juga jadi fokus Prabowo-Sandi untuk memperbaiki lingkungan hidup. “Sama, kita akan pastikan ke depan ekonomi itu harus berfokus pada sustainability,” kata dia.

Sementara, Dewan Pakar Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dradjad Wibowo menambahkan Prabowo-Sandi telah mencantumkan fokus pada isu lingkungan hidup dalam misinya.

"Dalam misinya jelas berbunyi 'Berperan aktif mengatasi perubahan iklim global, sesuai kondisi Indonesia," kata Dradjad saat dihubungi IDN Times, Jum'at (9/11).

Semoga program-program Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandi bukan sekadar wacana, ya guys.

Baca Juga: Ini Program-Program Jokowi dan Prabowo di Bidang Pendidikan

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You