Istana: Cat Ulang Pesawat Kepresidenan RI Sejak Mei 2021

Pengecatan karena cat pesawat mulai mengelupas

Jakarta, IDN Times - Penampilan baru pesawat kepresidenan RI A-001 Boeing 737-8U3 (BBJ2) tengah disoroti publik. Dibalut dengan warna merah putih, pengecatan dan perawatan pesawat kepresidenan ini ternyata mencapai Rp2 miliar.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, pesawat kepresidenan memang sudah waktunya melakukan perawatan dan pengecatan. Dia menuturkan, pengecatan ini dilakukan sejak Mei 2021.

"Sejak Mei (dicat ulang)," kata Heru saat dibubungi IDN Times, Selasa (3/8/2021) malam.

Baca Juga: PKS: Cat Ulang Pesawat Kepresidenan Tak Darurat, Bisa Ditunda

1. Pengecatan pesawat kepresidenan sudah direncanakan sejak 2019 untuk peringati HUT ke-75 RI

Istana: Cat Ulang Pesawat Kepresidenan RI Sejak Mei 2021Pesawat Kepresidenan. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Heru menjelaskan, pengecatan Pesawat BBJ 2 sudah direncanakan sejak 2019, terkait dengan perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 2020. Proses pengecatan merupakan pekerjaan satu paket dengan Heli Super Puma dan Pesawat RJ.

Namun, pada 2019, pesawat BBJ 2 belum memasuki jadwal perawatan rutin, sehingga yang dilaksanakan pengecatan terlebih dahulu adalah Heli Super Puma dan pesawat RJ.

"Sebagai informasi, perawatan rutin memiliki interval waktu yang sudah ditetapkan dan harus dipatuhi, sehingga jadwal perawatan ini harus dilaksanakan tepat waktu," terang Heru.

Heru melanjutkan, perawatan rutin Pesawat BBJ 2 jatuh pada 2021 dan merupakan perawatan Check C sesuai rekomendasi pabrik. Maka tahun inilah dilaksanakan perawatan sekaligus pengecatan yang bernuansa Merah Putih, sebagaimana telah direncanakan sebelumnya.

"Waktunya pun lebih efisien, karena dilakukan bersamaan dengan proses perawatan," ucap dia.

2. Cat pesawat sudah banyak mengelupas, sehingga harus diperbarui

Istana: Cat Ulang Pesawat Kepresidenan RI Sejak Mei 2021Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Untuk pengecatan pesawat, ujar Heru, memang sudah waktunya untuk diperbarui. Karena cat pesawat juga sudah mulai mengelupas.

"Mengenai cat, memang sekalian diperbarui, karena sudah waktunya untuk diperbarui. Pilihan warnanya adalah warna kebangsaan, merah putih, warna bendera nasional," jelas dia.

3. Pesawat sudah tujuh tahun tidak perawatan dan pengecatan

Istana: Cat Ulang Pesawat Kepresidenan RI Sejak Mei 2021Kasetpres, Heru Budi Hartono dalam Konferensi Pers Terkait Peringatan HUT ke-75 RI, Kantor Presiden, Kamis (6/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Heru menyampaikan, perawatan dan pengecatan pesawat kepresidenan memang harus rutin dilakukan. Apalagi, pesawat tersebut sudah tujuh tahun belum mendapatkan perawatan.

"Pesawat itu sudah tujuh tahun, secara teknis memang harus memasuki perawatan besar, overhaul. Itu harus dilakukan untuk keamanan penerbangan," ucapnya.

Baca Juga: Pesawat Kepresidenan Dicat Merah Putih Tuai Kritik, Ini Respons Istana

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya