Jokowi Ajak Jepang Investasi di Natuna

Jokowi bertemu Menlu Jepang di Istana Merdeka

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (10/1). Dalam kunjungan Toshimitsu tersebut, Jokowi mengajak Jepang berinvestasi di Natuna.

"Izinkan saya menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan prioritas Indonesia terkait dengan Jepang. Pertama, di bidang investasi. Saya ingin mengajak Jepang melakukan investasi di Natuna," kata Jokowi.

Baca Juga: Natuna Memanas, Jokowi Temui Ratusan Nelayan di Sana Hari Ini

1. Jokowi ajak Jepang investasi di Natuna untuk fase kedua

Jokowi Ajak Jepang Investasi di NatunaPresiden Jokowi di Natuna, Riau, Rabu 8 Januari 2020 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Indonesia dan Jepang sudah bekerja sama dalam pembangunan sentra kelautan dan perikanan terpadu fase pertama di Natuna. Jokowi pun mengapresiasinya dan berharap kedua negara menindaklanjuti pendanaan untuk fase kedua.

"Saya harapkan usulan pendanaan untuk fase kedua dapat segera ditindaklanjuti," ujar Jokowi.

2. Jokowi sebut Jepang salah satu mitra utama Indonesia di bidang ekonomi

Jokowi Ajak Jepang Investasi di NatunaPresiden Jokowi di Natuna, Riau, Rabu 8 Januari 2020 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menilai Jepang merupakan salah satu mitra utama Indonesia, khususnya di bidang ekonomi. Nantinya, pembahasan lebih dalam antara kerja sama Jepang dan Indonesia akan dibahas lebih lanjut bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

"Jepang adalah salah satu mitra utama Indonesia, dan saya tahu, setelah ini Yang Mulia akan melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia membahas kerja sama bilateral secara lebih detail," ucapnya.

3. Indonesia dan Jepang akan perkuat perikanan di Natuna

Jokowi Ajak Jepang Investasi di NatunaMenteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 9 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sementara itu, Menlu Retno Marsudi menyampaikan bahwa komitmen kerja sama Indonesia dengan Jepang sudah lama. Karena itu, Jepang akan memperkuat kerja sama dengan Indonesia.

Ada pun kerja sama dengan Jepang yakni memperkuat perikanan di pulau-pulau terluar Indonesia, termasuk di Kepulauan Natuna.

"Saya bicara mengenai masalah penguatan perikanan di Indonesia, termasuk di pulau-pulau terluar, termasuk di Kepulauan Natuna," tutur Retno.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Soal Natuna, Bahlil Tegaskan Investasi tak akan Korbankan Kedaulatan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya