Comscore Tracker

Jokowi Akan Kunjungi Masyarakat Korban Erupsi Semeru Selasa Besok 

Jokowi akan tinjau rumah sakit tempat korban dirawat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan mengunjungi korban erupsi Gunung Semeru pada Selasa (7/12/2021). Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, Jokowi akan berangkat ke Lumajang, Jawa Timur, esok pagi.

“Besok Beliau berangkat dari Halim, pagi hari dan seharian akan di lokasi Kabupaten Lumajang dan sekitarnya,” kata Heru dalam keterangannya, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Jokowi Minta Erupsi Gunung Semeru Ditangani Cepat dan Tepat

1. Jokowi akan temui masyarakat terdampak erupsi Semeru

Jokowi Akan Kunjungi Masyarakat Korban Erupsi Semeru Selasa Besok Presiden Jokowi tinjau akses menuju lokasi KTT G20 di Bali pada Kamis (2/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Heru menyampaikan.Jokowi akan meninjau beberapa titik saat di lokasi bencana. Salah satunya adalah posko tempat masyarakat mengungsi.

“Titik-titik lokasi yang akan ditinjau, posko-posko yang sudah didirikan oleh BNPB dan gubernur maupun pangdam, TNI-Polri serta dapur umum yang telah disiapkan Menteri Sosial,” ujar Heru.

2. Jokowi akan tinjau rumah sakit tempat korban Semeru dirawat

Jokowi Akan Kunjungi Masyarakat Korban Erupsi Semeru Selasa Besok Warga melihat material awan panas erupsi Gunung Semeru yang mengalir di Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia ini juga akan meninjau rumah sakit, tempat para korban erupsi dirawat.

“Beliau akan meninjau ke tempat itu dan mungkin jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi posko-posko itu, rumah sakit yang saat ini sedang ada dua atau tiga korban yang terkena panas erupsi,” tuturnya.

3. Jokowi minta pencarian korban Semeru diprioritaskan

Jokowi Akan Kunjungi Masyarakat Korban Erupsi Semeru Selasa Besok Foto udara Guguran awan panas Gunung Semeru terlihat dari Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan duka mendalam bagi warga di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya yang menjadi korban dari erupsi Gunung Semeru.

Jokowi mengaku telah memberikan instruksi kepada sejumlah pejabat mulai dari Kepala BNPB, Kepala Badan SAR Nasional, Panglima TNI, Kapolri, Menteri Sosial, Gubernur, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, hingga bupati agar segera mendistribusikan bantuan kepada para korban.

"Presiden dan Wakil Presiden menyampaikan duka yang mendalam atas korban yang meninggal dan korban luka-luka," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam video yang diunggah di  akun YouTube Sekretariat Negara, Minggu (5/12/20210).

Ia mengatakan, Jokowi sudah memberikan instruksi khusus kepada para pejabat tersebut agar segera melakukan langkah tanggap darurat. Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memerintahkan agar otoritas setempat segera mencari korban hilang dan meninggal, serta memberikan pengobatan bagi korban luka.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru, Begini Dampak Positif dan Negatif Abu Vulkanik

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya