Jokowi Bakal Bangunkan Rumah buat Suku Asmat di Merauke

Jokowi janji bangunkan untuk 44 kepala keluarga Suku Asmat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berencana membangunkan rumah untuk warga Suku Asmat di Kabupaten Merauke, Papua. Rencana tersebut diungkapkan Jokowi saat meninjau vaksinasi COVID-19 warga Suku Asmat di Kabupaten Merauke, Minggu (3/10/2021).

Dipantau dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, awalnya Jokowi mendengar curhatan warga Suku Asmat terkait tempat tinggal. Mereka mengaku selama ini tinggal di rumah yang dibangunkan oleh TNI Angkatan Laut.

Namun, warga mengatakan, lahan rumah yang mereka tinggali bukan milik sendiri. 

1. Jokowi perintahkan Bupati Merauke dan Menteri PUPR untuk bangunkan rumah

Jokowi Bakal Bangunkan Rumah buat Suku Asmat di MeraukePresiden Jokowi berdialog dengan warga Suku Asmat (YouTube/Sekretariat Presiden)

Mendengar curhatan tersebut, Jokowi pun langsung memerintahkan Bupati Merauke Romanus Mbaraka untuk mencarikan lahan untuk pembangunan rumah. Sementara, urusan pembangunan rumah diserahkan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono.

"Carikan tanah aja, nanti Pak Menteri PU yang bangun. Tanahnya Pak Bupati, rumahnya Pak Menteri PU. Tadi berapa, 44 KK ya," kata Jokowi memberikan instruksi kepada Bupati Merauke dan Menteri PUPR.

Baca Juga: Presiden Jokowi Saksikan Langsung Pertandingan Wushu PON Papua

2. Venansius mengaku senang akan dibangunkan rumah oleh Jokowi

Jokowi Bakal Bangunkan Rumah buat Suku Asmat di MeraukeWarga Suku Asmat, Venansius (YouTube/Sekretariat Presiden)

Salah satu warga Suku Asmat, Venansius, mengaku senang Jokowi mengabulkan permintaannya. Dia mengaku hanya ingin mendapatkan rumah dan air yang layak.

"Saya minta bapak mohon rumah yang layak, air. Itu saja yang saya minta. Terus bapak bilang 'ya, kami akan kerja sama dengan Bapak Bupati dan Bapak Menteri PU'," ujar Venansius.

Lalu, Venansius juga mengaku senang karena Jokowi mau membangunkan rumah untuk Suku Asmat.

"Terima kasih, Tuhan memberkati," ucapnya.

3. Rumah yang ditinggali warga Suku Asmat sudah tak layak

Jokowi Bakal Bangunkan Rumah buat Suku Asmat di MeraukeIlustrasi Baju Adat Irian, Papua (IDN Times/Mardya Shakti)

Venansius menuturkan saat ini kondisi rumah dari warga Suku Asmat memang kurang layak. Sehingga, saat bertemu Jokowi, mereka meminta dibangunkan rumah yang layak.

"Saya di Jalan Wari. Itu rumah yang dibangun bapak-bapak TNI AL. Selama ini kondisinya kurang bagus. Tapi kami masih bisa tinggal. Di itu masih tanah orang," tutur Venansius.

Baca Juga: Jokowi Tanam Benih Jagung hingga Tinjau Vaksinasi di Sorong

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya