Comscore Tracker

Jokowi Cerita Susahnya Dapat Vaksin COVID-19

Jokowi cerita soal ketimpangan vaksinasi COVID antarnegara

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menceritakan susahnya untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Sebab, saat ini negara-negara tengah berebut untuk mendapatkan vaksin virus corona tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat salah satu santri dari Pondok Pesantren Alkhairaat Putri Pusat Palu meminta Jokowi agar memvaksinasi kedua orang tua dan saudara-saudaranya.

"Pak, kalau bisa jangan hanya kami yang divaksin, tapi orang tua, kakak dan adik-adik kami juga turut divaksin agar kami sehat dan siap belajar tatap muka di sekolah," kata santri itu saat berdialog dengan Jokowi secara virtual, Kamis (23/9/2021).

1. Jokowi ceritakam ketimpangan vaksin antarnegara

Jokowi Cerita Susahnya Dapat Vaksin COVID-19Presiden Jokowi tinjau vaksinasi untuk siswa dan pesantren di Cilacap, Jawa Tengah, pada Kamis (23/9/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Mendengar permintaan itu, Jokowi menyampaikan ingin agar semua masyarakat bisa divaksinasi. Namun, saat ini semua negara memang tengah berebut mendapatkan vaksin.

"Yang namanya vaksin ini jadi rebutan semua negara, 220 negara memperebutkan vaksin. Ada yang sudah suatu negara divaksin 60 persen. Tapi ada yang 50 persen, ada juga yang baru dua persen," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Berharap Makin Banyak Masyarakat Ingin Divaksinasi

2. Jokowi sebut semua negara berebut membeli vaksin COVID-19

Jokowi Cerita Susahnya Dapat Vaksin COVID-19Presiden Jokowi tinjau vaksinasi untuk siswa dan pesantren di Cilacap, Jawa Tengah, pada Kamis (23/9/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Bahkan, lanjut dia, untuk membeli vaksin saja bukanlah hal yang mudah saat ini. Oleh karena itu, Jokowi berharap masyarakat bisa ikut program vaksinasi yang disediakan oleh pemerintah.

"Rebutan itu beli loh, bukan gratisan. Artinya yang namanya membeli vaksin ini juga bukan merupakan barang yang mudah," jelasnya.

3. Jokowi harap makin banyak masyarakat yang ikut program vaksin

Jokowi Cerita Susahnya Dapat Vaksin COVID-19Presiden Jokowi tinjau vaksinasi di Kampung Nelayan, Cilacap, Jawa Tengah (YouTube/Sekretariat Presiden)

Selain meninjau vaksinasi siswa dan santri, Jokowi sebelumnya meninjau pelaksanaan vaksinasi door to door di Kampung Nelayan, Cilacap, Jawa Tengah. Pelaksanaan vaksinasi door to door ini diharapkan Jokowi semakin menarik minat masyarakat mengikuti program vaksinasi.

"Kita telah melakukan tadi vaksinasi dari pintu ke pintu, door to door, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, untuk mengajak lebih banyak lagi masyarakat yang mau divaksin," kata Jokowi seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (23/9/2021).

"Dan kita harapkan dengan pelayanan seperti ini, semakin banyak masyarakat yang ikut dalam program vaksinasi massal," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi: Vaksin untuk Pelajar Segera Diselesaikan Agar PTM Aman

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya