Comscore Tracker

Jokowi: PBB Harus Berperan dalam Memperkokoh Kepemimpinan Global 

Setiap negara miliki tanggung jawab untuk perdamaian dunia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan kepemimpinan global bersama atau collective global leadership harus diperkuat. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pun mempunyai peran untuk hal itu.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam pidatonya di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-75 yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/9/2020).

1. Kepemimpinan global bersama harus diperkuat lagi ke depannya

Jokowi: PBB Harus Berperan dalam Memperkokoh Kepemimpinan Global Presiden Joko memberikan pidato di Sidang Umum PBB (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menyampaikan bahwa kepemimpinan global bersama harus diperkuat lagi ke depannya. Meskipun setiap negara pasti mementingkan kepentingan nasionalnya sendiri.

"Kita paham bahwa dalam hubungan antar negara, dalam hubungan internasional, setiap negara selalu memperjuangkan kepentingan nasionalnya," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Serukan Dukungan Kemerdekaan Palestina dalam Sidang Umum PBB

2. Seluruh negara miliki tanggung jawab untuk perdamaian dunia

Jokowi: PBB Harus Berperan dalam Memperkokoh Kepemimpinan Global Presiden Jokowi beri pidato di Sidang Umum PBB (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Meski begitu, Jokowi tetap mengingatkan bahwa seluruh dunia memiliki tanggung jawab untuk perdamaian dunia. Seperti yang ia selalu tekankan tentang komitmen Indonesia jadi jembatan perdamaian dunia.

"Jangan lupa, kita semua memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi menjadi bagian dari solusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan dunia," ucapnya.

3. Peran PBB untuk memperkokoh kepemimpinan global bersama

Jokowi: PBB Harus Berperan dalam Memperkokoh Kepemimpinan Global Presiden Jokowi beri pidato di Sidang Umum PBB (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Maka dari itu, peran PBB saat ini sangat dibutuhkan. Ia menuturkan, PBB harus berperan untuk memperkokoh collective global leadership.

"Dunia membutuhkan spirit kolaborasi dan kepemimpinan global yang lebih kuat untuk mewujudkan dunia yang lebih baik," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Pakai  Bahasa Indonesia, Pidato Jokowi Soroti Peran PBB 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya