Jokowi: Pembagian Sertifikat Tanah Dipercepat untuk Cegah Sengketa

Jokowi sebut ada 80 juta sertifikat belum dibagikan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo membagikan sertifikat tanah kepada warga Bogor, Jawa Barat, hari ini, Kamis (21/3). Pembagian sertifikat tanah tersebut dihadiri 5.000 warga Bogor.

Saat memberikan sambutannya, Jokowi mengatakan proses penyerahan sertifikat tanah dipercepat agar mengurangi sengketa lahan.

1. Sertifikat untuk mengurangi sengketa lahan

Jokowi: Pembagian Sertifikat Tanah Dipercepat untuk Cegah SengketaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengatakan penyerahan sertifikat tanah saat ini semakin dipercepat. Hal itu penting, untuk mengurangi sengketa lahan di masyarakat.

"Setiap saya pergi ke kampung, setiap saya pergi ke desa, ke daerah-daerah mana pun, Sumatera, Kalimantan, NTB, Bali, Maluku, semuanya mengeluhkan sengketa tanah, sengketa lahan. Konflik lahan, konflik tanah, di mana-mana," ujar Jokowi di Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/3).

Menurut Jokowi, adanya sengketa lahan tersebut karena masyarakat tidak memiliki bukti hak hukum atas tanah yang mereka miliki, seperti sertifikat tanah itu.

Baca Juga: Menangkan Jokowi di Jabar, Deddy Mizwar Pelajari Strategi Aher

2. Sertifikat tanah yang keluar kurang 80 juta

Jokowi: Pembagian Sertifikat Tanah Dipercepat untuk Cegah SengketaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi menerangkan pada 2015 sertifikat tanah di seluruh Indonesia harusnya sudah keluar 116 juta sertifikat, namun baru keluar 46 juta sertifikat.

"Berarti masih kurang 80 juta yang belum pegang sertifkatnya. Apa kejadiannya tadi sengketa lahan, konflik lahan, sengketa tanah, konflik tanah, karena 82 juta belum pegang ini? Kenapa belum pegang ini? Karena dulu ngurusnya ruwet, bener?" tanya Presiden.

Jokowi menjelaskan dalam setahun di seluruh Indonesia hanya diproduksi 500 ribu sertifikat. Jika masih kurang 80 juta, berarti harus menunggu hingga 160 tahun lagi. "Bapak mau? 80 juta yang kurang setahun hanya 500 ribu," tanya Jokowi, lagi.

Sehingga, kata Jokowi, sertifikat tanah yang dipercepat ini agar masyarakat bisa segera mendapatkan hak hukum tanahnya dan mengurangi kasus sengketa.

3. Jokowi berpesan agar sertifikat tanah dijaga dengan baik

Jokowi: Pembagian Sertifikat Tanah Dipercepat untuk Cegah SengketaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jokowi juga mengingatkan masyarakat agar menjaga dengan baik sertifikat tanah yang sudah didapatkan. Ia juga mengingatkan agar sertifikat tanah tersebut di foto kopi.

"Kemudian sampai di rumah di foto kopi, yang asli taruh lemari, yang kopian taruh lemari yang lain, supaya kalau yang asli ilang masih ada foto kopi-nya, ngurusnya gampang, ke kantor BPN," kata Jokowi.

Baca Juga: Masyarakat di Bogor Rela Menunggu Jokowi 4 Jam Demi Sertifikat

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya