Jokowi: Pendisiplinan Masyarakat akan Dilebarkan ke Wilayah Lain

Akan dilihat dampaknya di 4 provinsi seminggu ke depan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menurunkan pasukan TNI-Polri untuk mendisiplinkan masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan COVID-19 dengan baik. Para pasukan keamanan itu akan diturunkan ke 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota.

Keempat provinsi yang dimaksud meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gorontalo. Sementara, kabupaten/kotanya antara lain seperti Bekasi, Surabaya, Malang dan lainnya.

Pendisiplinan di wilayah-wilayah di Indonesia akan dilakukan secara bertahap. Jika tahap pertama di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota berhasil, Jokowi mengatakan pendisiplinan akan semakin dilebarkan.

1. Dampak pendisiplinan akan dilihat selama seminggu ke depan

Jokowi: Pendisiplinan Masyarakat akan Dilebarkan ke Wilayah LainDok. Agus Suparto

Jokowi menyampaikan, pendisiplinan protokol kesehatan oleh TNI-Polri akan dilihat dulu selama seminggu ke depan. Jika mengalami perbaikan signifikan, maka bisa diperlebar ke wilayah-wilayah lainnya.

"Akan kita lihat dalam satu minggu ini dampaknya seperti apa, kemudian kita akan lebarkan ke kabupaten/kota lainnya apabila dirasa ada perbaikan-perbaikan signifikan karena kita telah turunkan TNI-Polri di kabupaten/kota," kata Jokowi di Mal Summarecon, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5).

Baca Juga: Jokowi: Boleh Beraktivitas di Mal, Asal Disiplin Protokol Kesehatan

2. Surabaya dan Malang juga akan diawasi ketat oleh TNI-Polri

Jokowi: Pendisiplinan Masyarakat akan Dilebarkan ke Wilayah LainDok. Setkab/Agus Suparto

Mulai hari ini, aparat TNI-Polri akan siap menjaga 1.800 objek yang berada di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota tersebut. Pasukan TNI-Polri akan melakukan pengawasan agar masyarakat tetap kenakan masker, rajin cuci tangan, dan tetap menjaga jarak satu sama lain.

"Ini yang ingin kita pastikan sehingga hari ini telah dimulai TNI dan Polri menggelar pasukan dan aparatnya di 4 provinsi, 25 kabupaten/kota, di Sumatera Barat, di DKI Jakarta, di Jawa barat dan di Gorontalo. Di kota-kota ada di 25, di Surabaya, di Malang, dan lain-lain," sebutnya.

3. Mal hingga pasar rakyat akan dijaga ketat oleh TNI-Polri

Jokowi: Pendisiplinan Masyarakat akan Dilebarkan ke Wilayah LainDok. Agus Suparto

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan, pendisiplinan itu dilakukan agar masyarakat bisa beraktivitas kembali dan tetap aman dari virus corona. Pendisplinan juga untuk mempersiapkan skenario new normal atau normal baru yang akan diterapkan pemerintah.

Nantinya, kata Hadi, pasukan TNI-Polri akan ditempatkan di beberapa objek-objek keramaian dan tempat umum. Salah satunya ada pusat perbelanjaan.

"Rencana pendisplinan protokol kesehatan ini akan dilaksanakan di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota, objeknya adalah tempat-tempat lalu lintas masyarakat, mal-mal, pasar-pasar rakyat, tempat pariwisata," tutur Hadi di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5).

Baca Juga: Jelang New Normal, Objek-Objek Ini Akan Dijaga Ketat Aparat TNI-Polri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya