Jokowi Perintahkan Menko PMK Muhadjir Fokus Selesaikan Masalah Bansos

Bansos harus tuntas pada September 2020

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memerintahkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, untuk memantau berbagai bantuan sosial (bansos) yang digelontorkan pemerintah dalam penanganan COVID-19.

Selain itu, Jokowi juga meminta urusan bansos juga segera diselesaikan hingga September 2020. Selain itu, urusan data juga harus diperbaiki, agar tak menjadi kendala dalam penyaluran bansos.

1. Jokowi minta Menko PMK pantau bansos yang disalurkan

Jokowi Perintahkan Menko PMK Muhadjir Fokus Selesaikan Masalah BansosDok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengatakan, masalah penyaluran bansos harus dipercepat. Karena itu berkaitan dengan pemulihan ekonomi nasional.

"Pak Menko PMK ini ya, terutama yang berkaitan dengan, agar terus dipantau BLT Desa, Bantuan Sosial Tunai, BNPT yang sudah ditambah, hari ini ada kan ditambah banpres produktif," ujar Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (24/8/2020).

Baca Juga: Arahan Lengkap Jokowi soal Sorotan Jurnalis Asing hingga Tegur Luhut

2. Jokowi ingin penyaluran bansos tuntas pada September 2020

Jokowi Perintahkan Menko PMK Muhadjir Fokus Selesaikan Masalah BansosPresiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas yang dilangsungkan secara virtual melalui video conference pada Selasa (28/7/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dia menargetkan agar urusan bansos bisa selesai pada September 2020. Sehingga, pertumbuhan ekonomi bisa segera meningkat dengan adanya bansos ini.

"Saya kira ini yang agak menghambat kita, sehingga kita harapkan nanti ini di pertengahan Agustus sampai pertengahan September sudah selesai. Sehingga bisa mengungkit growth kita," ucap Jokowi.

3. Jokowi minta urusan data segera diperbaiki

Jokowi Perintahkan Menko PMK Muhadjir Fokus Selesaikan Masalah BansosPresiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas yang dilangsungkan secara virtual melalui video conference pada Selasa (28/7/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, Jokowi juga meminta agar urusan data segera diselesaikan. Alasannya, karena masalah data selalu jadi kendala penyaluran bansos.

"Kemudian bantuan untuk subsidi gaji betul-betul diikuti, karena ini yang paling banyak terkendala adalah urusan apa, urusan data, urusan nomor akun di bank," jelasnya.

Baca Juga: Mensos: 92 Persen Anggaran Kemensos di 2021 Dialokasikan untuk Bansos

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya