Comscore Tracker

Jokowi: Rusun Pasar Rumput Tampung Warga Terdampak Ciliwung

Anggaran pembangunan Rusun Pasar Rumput capai Rp970 M

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Rumah Susun Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Pada peresmiannya hari ini, Senin (20/9/2021), Jokowi mengatakan rusun ini disediakan untuk warga yang juga terkena dampak normalisasi Sungai Ciliwung.

Dengan adanya rusun ini, kata Jokowi, diharapkan bisa meringankan beban masyarakat, khususnya terkait dengan penyediaan hunian yang nyaman dan terjangkau.

"Saya juga senang mendengar bahwa rusun ini juga nantinya bisa menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi sungai bagi penanganan banjir," kata Jokowi saat meresmikan Rusun Pasar Rumput.

1. Jokowi harap Rusun Pasar Rumput bisa bantu masyarakat miliki hunian yang layak dan nyaman

Jokowi: Rusun Pasar Rumput Tampung Warga Terdampak CiliwungPresiden Jokowi tinjau vaksinasi door to door di Deli Serdang, Sumatra Utara pada Kamis (16/9/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengatakan Rusun Pasar Rumput juga didukung dengan jalur transportasi yang baik dan terintegrasi. Sehingga, hal itu dapat memudahkan penghuni untuk melakukan mobilitas.

"Saya berharap dengan beroperasinya Rusun Pasar Rumput ini bisa membantu saudara-saudara kita untuk memiliki hunian yang layak dan nyaman dengan lokasi strategis untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Baca Juga: Kampung Akuarium Sering Didatangi Orang yang Ngaku Punya Hak Rusun

2. Rusun Pasar Rumput dibangun sejak 2016, dengan anggaran Rp970 miliar

Jokowi: Rusun Pasar Rumput Tampung Warga Terdampak CiliwungSuasana di Rusun Jemundo, tempat tinggal pengungsi Syiah Sampang 2018 lalu. IDN Times/Reza Iqbal

Jokowi menuturkan, rumah susun hingga fasilitas di Pasar Rumput ini telah dibangun sejak 2016 lalu, dan akhirnya sudah siap beroperasi.

"Rusun Pasar Rumput ini dibangun dengan biaya Rp970 miliar, menjadi istimewa karena dibangun dengan konsep mixed use development," kata Jokowi.

3. Rusun Pasar Rumput miliki unit sebanyak 1.984 yang tersedia di lantai 4 hingga 25

Jokowi: Rusun Pasar Rumput Tampung Warga Terdampak CiliwungIlustrasi Rusun Nangrak yang berada di Cilincing Jakarta Utara (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jokowi menerangkan, Rusun Pasar Rumput ini tidak hanya berfungsi sebagai hunian saja, melainkan juga memiliki fasilitas sosial dan umum yang lengkap. Dia menuturkan, Rusun Pasar Rumput terdiri dari 1.984 unit tipe 36 yang terletak di lantai 4 hingga lantai 25. Selain unit untuk tempat tinggal, ada juga pasar hingga ruko-ruko yang berada di Rusun Pasar Rumput ini.

"Keberadaan pasar dengan fasos dan fasum yang lengkap ini memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi seperti berdagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya," tutur Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput Senilai Rp970 Miliar

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya