Comscore Tracker

Jokowi Sanjung PM Jepang karena Berkunjung saat Pandemik COVID-19

Pertemuan Jokowi dan Suga bertepatan dengan demonstrasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (20/10/2020). Dalam pertemuan kedua kepala negara itu, Jokowi mengapresiasi Suga yang hadir ke Indonesia di tengah pandemik COVID-19 yang melanda dunia saat ini.

"Yang Mulia sekali lagi saya ingin mengucapkan selamat datang di Indonesia dan merupakan kehormatan bagi saya, dan seluruh rakyat Indonesia menerima kunjungan Yang Mulia," kata Jokowi seperti yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

Baca Juga: PM Jepang Yoshihide Suga Tiba di Indonesia Besok, Ini Agendanya

1. Jokowi sebut keputusan Yoshihide Suga berkunjung ke luar negeri saat pandemik, adalah keputusan yang tidak mudah

Jokowi Sanjung PM Jepang karena Berkunjung saat Pandemik COVID-19Upacara Penyambutan Resmi Perdana Menteri Jepang, Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (20/10/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi mengapresiasi kedatangan Yoshihide Suga dan sang istri. Ia sangat menghargai karena keduanya bersedia datang ke Indonesia meski di tengah pandemik virus corona.

"Saya meyakini keputusan berkunjung ke luar negeri, khususnya Indonesia, di masa pandemik ini tidak mudah, saya menghargai kunjungan Yang Mulia," ucap Jokowi.

2. Kunjungan Yoshihide Suga ke Indonesia adalah kunjungan dinas luar negeri pertama usai terpilih jadi perdana menteri

Jokowi Sanjung PM Jepang karena Berkunjung saat Pandemik COVID-19Kedatangan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Selasa, 20 Oktober 2020. PM Yoshihide Suga dan Ibu Mariko Suga disambut oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung di tangga pesawat (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Pertemuan antara Jokowi dan Yoshihide Suga digelar sejak pukul 16.00 WIB, di Istana Kepresidenan Bogor. Kunjungan Suga merupakan kunjungan dinas ke luar negeri pertama usai ia terpilih menjadi perdana menteri pada 17 September 2020.

"Rencana kunjungan ini juga sudah secara resmi disampaikan oleh pemerintah Jepang pada hari ini. Tentunya Indonesia menyambut hangat rencana kunjungan ini," ungkap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika menyampaikan keterangan pers virtual dari Jenewa, Swiss, Jumat (16/10/2020). 

3. Pertemuan Jokowi dan Suga bertepatan dengan demo mahasiswa tolak omnibus law

Jokowi Sanjung PM Jepang karena Berkunjung saat Pandemik COVID-19Jokowi sambut PM Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor (YouTube/Sekretariat Presiden)

Pertemuan bilateral kedua pemimpin itu juga digelar bertepatan dengan demonstrasi yang dilakukan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dalam rangka menolak Omnibus Law Cipta Kerja.

"Kami tetap menyampaikan #MosiTidakPercaya kepada pemerintah dan wakil rakyat yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat. Aksi akan dilaksanakan pada Selasa, 20 Oktober 2020 pukul 13.00 WIB dengan estimasi massa aksi sebanyak 5.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia," kata Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Remy Hastian Putra dalam keterangan pers, Selasa.

Namun, ketika aspirasi tengah disampaikan para mahasiswa tersebut, Presiden Jokowi sedang tidak berkantor di Jakarta. Sebab hari ini, Jokowi dijadwalkan berkantor di Istana Kepresidenan Bogor untuk memimpin rapat terbatas dan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga sore ini.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menuturkan, hari ini memang jadwal Jokowi berkantor di Istana Bogor. "Memang (hari ini) terjadwal di Bogor untuk bahas rapat intern dan menerima PM Jepang hari ini pukul 15.00," kata Heru.

Baca Juga: Tiba di Istana Bogor, PM Jepang Dapat Sambutan Hangat Jokowi

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya