Comscore Tracker

Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari 7 Dubes Negara Sahabat 

Proses penyerahan surat sesuai protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menerima surat kepercayaan dari tujuh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Indonesia. Prosesi penyerahan surat kepercayaan berlangsung di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Berdasarkan pantauan di channel YouTube Sekretariat Presiden, para duta besar tiba di Istana Kepresidenan sejak pukul 08.30 WIB. Mereka datang secara bergilir dan disambut dengan upacara penyambutan.

Baca Juga: Forum Pemuda Indonesia-Ethiopia, Diplomasi Ala Millennial Dua Negara

1. Proses penyerahan surat tetap jaga jarak dan tidak ada jabat tangan

Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari 7 Dubes Negara Sahabat Upacara Penyerahan Surat-Surat Kepercayaan Duta Besar LBBP untuk Republik Indonesia pada Kamis (4/2/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Prosesi upacara penyambutan para duta besar negara sahabat ini tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19. Para dubes yang hadir tetap menjaga jarak dan mengenakan masker.

Saat prosesi memberikan surat kepada Presiden Jokowi, mereka semua saling menjaga jarak dan tidak ada jabat tangan. Jokowi hanya memberikan salam namaste kepada para dubes, begitu juga dengan mereka saat membalasnya.

2. Jokowi didampingi oleh Retno Marsudi dan Pramono Anung

Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari 7 Dubes Negara Sahabat Penyerahan Surat-Surat Kepercayaan Duta Besar LBBP Designate Resident untuk Republik Indonesia pada Kamis (4/2/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam acara penerimaan surat dari duta besar kepada Jokowi ini, orang nomor satu di Indonesia itu didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Retno dan Pramono tampak menggunakan alat pelindung diri yang cukup lengkap seperti masker dan face shield saat mendampingi Jokowi.

Baca Juga: Keren! Diplomasi Batik dan Tenun Warnai Sidang Dewan Keamanan PBB

3. Ketujuh dubes yang memberikan surat kepada Jokowi

Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari 7 Dubes Negara Sahabat Penyerahan Surat-Surat Kepercayaan Duta Besar LBBP Designate Resident untuk Republik Indonesia pada Kamis (4/2/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Penyerahan surat kepercayaan ini menandakan dimulainya penugasan resmi para duta besar negara sahabat tersebut di Indonesia. Berikut daftar tujuh dubes tersebut:

1. H.E Mr. Muhammad Hassan Islamic
Duta Besar LBBP Republik Islam Pakistan

2. H.E Mr. Manoj Kumar Bakti
Duta Besar Republik India

3. H.E. Mr. Jaroslav Dolecek
Duta Besar Republik Ceko

4. H.E. Mr Kanasugi Kenji
Duta Besar LBPP Jepang

5. H.E Mr. Dan Andrian Balanescu
Duta Besar LBPP Romania

6. H.E Mr. Amenateve Vakavuwaqa
Duta LBPP Republik Fiji

7. H.E Mr. Mohammad Mostafizur Rahman, GUP, ndc,psc, Duta Besar LBBP Republik Rakyat Bangladesh

Baca Juga: Ini Strategi Jokowi Menjaga Diplomasi dengan Negara Lain

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya