Comscore Tracker

Jokowi Tokoh Muslim Berpengaruh, Ini Tanggapan KSP

Jokowi ada di peringkat 12 Muslim Berpengaruh

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo masuk dalam daftar tokoh Islam paling berpengaruh di dunia versi The Muslim 500 edisi 2021. Jokowi menduduki peringkat ke-12 mengalahkan Imam besar Al Azhar, Sheikh Ahmmad Muhammad Al-Tayyeb dari Mesir.

Menanggapi hal itu, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ade Irfan Pulungan mengapresiasi penghargaan tersebut. Ia mengatakan dunia mengakui kepemimpinan Jokowi.

"Itu luar biasa, sangat bagus. Artinya itu pengakuan dunia Islam terhadap kepemimpinan Pak Jokowi sebagai pemimpin muslim terbesar di dunia," ujar Irfan saat dihubungi IDN Times, Selasa (15/12/2020).

1. Pengakuan internasional

Jokowi Tokoh Muslim Berpengaruh, Ini Tanggapan KSPIDN Times/Denisa Tristianty

Menurut Irfan, penobatan dari The Muslim 500 itu harus diancungi jempol. Dengan penobatan tersebut, menurutnya, Jokowi mendapatkan pengakuan internasional.

"Jadi artinya ada pengakuan internasional, dari masyarakat internasional kepada beliau. Gak bisa sembarangan orang loh pemimpin Indonesia," ucapnya.

Baca Juga: Jadi Role Model Penegak Hukum, Jokowi: Kejaksaan Harus Bersih!

2. Bisa membantah tudingan bahwa Jokowi tak simpati pada Islam

Jokowi Tokoh Muslim Berpengaruh, Ini Tanggapan KSPPresiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Penobatan itu juga, kata Irfan, bisa menepis anggapan bahwa Jokowi tidak simpati kepada Islam dan tudingan Jokowi tak pro-Islam.

"Ada tuduhan dia nonmuslim, dia macam-macam. Itu kan bisa terbantahkan. Dengan adanya pengakuan internasional, itu harus kita hargai dan berikan apresiasi sekaligus kita hormati. Dan itu penilaian sangat objektif," tutur Irfan.

3. Jokowi peringkat 12 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia

Jokowi Tokoh Muslim Berpengaruh, Ini Tanggapan KSPPresiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

The Muslim 500 merilis para tokoh muslim berpengaruh di dunia. Melansir dari situs themuslim500.com, Jokowi berada di peringkat ke-12 daftar tokoh muslim berpengaruh dari 50 tokoh Islam dunia.

Selain Jokowi, ada dua tokoh lain yang masuk jajaran The Top 50, yakni Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, dan ulama sekaligus anggota Wantimpres Habib Luthfi bin Yahya. Said Aqil menempati posisi 19, sementara Habib Luthfi menempati posisi 32.

The Muslim 500 menilai Jokowi adalah sosok politikus yang sukses dan 'bersih'.

"Sebagai (mantan) wali kota yang sukses, ia menikmati hubungan dekat dengan konstituennya. Ia berfokus pada mempromosikan kota sebagai pusat budaya Jawa, tetapi juga mengembangkan sistem transportasi umum, perawatan kesehatan, dan hubungan bisnis dengan masyarakat."

The Muslim 500 juga menyebut Jokowi membangun reputasi sebagai politisi yang 'bersih', serta menghindari tuduhan korupsi dan nepotisme yang mengganggu sebagian besar politis. 

Mereka juga menulis bahwa Jokowi menjadi terkenal karena melakukan kunjungan dadakan atau blusukan untuk melihat dan mendengar langsung dari masyarakat setempat.

"Hal ini memungkinkan dia untuk secara langsung menyampaikan keprihatinan dan kritik mereka, memungkinkan dia untuk mengembangkan hubungan pribadi yang kuat dengan publik," kata The Muslim 500.

Baca Juga: Jokowi Peringkat 12 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Topic:

  • Anata Siregar
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya