Comscore Tracker

KSP Sebut Persiapan UU IKN Dilakukan Lebih dari 2 Tahun

KSP sebut ada sembilan pokja yang bahas substansi UU IKN

Jakarta, IDN Times - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong mengatakan persiapan Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN) sudah dilakukan lebih dari dua tahun. Sehingga, ia menepis anggapan UU ini disahkan dengan buru-buru dan dalam waktu singkat.

"Saya kira orang hanya melihat proses yang terjadi di DPR. Padahal persiapan pemindahan IKN ini sudah terjadi jauh sebelum itu. Jadi kami sudah berkoordinasi dengan Bappenas sebagai leading sektor pemindahan IKN ini, sudah lebih dari dua tahun," kata Wandy dalam keterangannya di sebuah video, Rabu (19/1/2022).

1. KSP sebut ada sembilan pokja yang bertugas bahas UU IKN

KSP Sebut Persiapan UU IKN Dilakukan Lebih dari 2 TahunTenaga Ahli Utama KSP, Wandy Tuturoong (dok. KSP)

Wandy menuturkan, dalam perumusan UU IKN terdapat sembilan kelompok kerja (pokja). Semua pokja itu bertugas untuk membahas detail substansi dari UU IKN.

Bahkan, lanjutnya, saat pandemik pun pembahasan UU IKN tetap dilakukan.

"Karena memang kemarin ada pandemik, kita tahu bersama dan kami tetap bekerja. Karena pekerjaan untuk persiapkan RUU itu bisa dilakukan sambil hybrid, sambil zoom dan ada pertemuan-pertemuan reguler yang kami lakukan. Jadi tidak benar kalau itu dikatakan terburu-buru," jelas dia.

Baca Juga: KSP Bantah Perumusan UU IKN Dilakukan Terburu-buru

2. KSP sebut rumusan UU IKN didukung kajian naskah akademik

KSP Sebut Persiapan UU IKN Dilakukan Lebih dari 2 TahunDesain ibu kota baru (YouTube/Sekretariat Presiden)

Wandy menyampaikan, rumusan UU IKN juga didukung kajian naskah akademik yang dibahas antara pemerintah, DPR dan para ahli. Ia pun mengatakan, yang terpenting saat ini adalah mengawal proses selanjutnya agar pandangan berbagai pihak bisa diakomodir dalam pelaksanaan pemindahan IKN.

"Kerja sama penuh antara seluruh elemen masyarakat bersama dengan Pemerintah sangat dibutuhkan untuk mendukung kesuksesan pemindahan ibu kota baru ini," ucap Wandy.

3. Ibu Kota tak langsung pindah

KSP Sebut Persiapan UU IKN Dilakukan Lebih dari 2 TahunMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa (IDN Times/ Ilman Nafi'an)

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, mengatakan tahapan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur akan berlangsung hingga 2024. Dengan pemindahan ibu kota negara yang baru ini, diharapkan menjadi contoh untuk daerah lain.

"Mudah-mudahan ini menjadi contoh untuk kota-kota yang akan datang," ujar Suharso di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Menurutnya, ibu kota negara negara tidak langsung dipindahkan usai UU IKN disahkan DPR RI. Perlu ada tahapan yang harus dilakukan.

"Tentu saja membangun kota ini tak seperti lampu Aladin, langsung set jadi. Namanya juga sebuah perencanaan, dan perencanaan tentu ada tahapannya, dan tahapannya harus dilakukan dengan disiplin," ucapnya.

Suharso juga memastikan kerja pemerintah dalam membangun ibu kota baru dapat dipertangungjawabkan. Menurutnya, konsep ibu kota baru sudah disusun dengan baik.

"Kota ini disusun dengan rencana yang luar biasa dan kita benar-benar dapat dipertanggungjawabkan secara teknokratik," katanya.

Baca Juga: Istana Presiden Segera Dibangun di IKN Bila Otorita Sudah Terbentuk

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya