Kwik Mengaku Dicuekin Megawati dan Jokowi, Begini Reaksi PDIP

PDIP menyatakan sudah mengakomodasi gagasan dari Kwik

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Koodinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Kwik Kian Gie, telah resmi bergabung menjadi penasihat ekonomi dalam tim pemenangan pasangan bakal calon Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Keputusan Kwik bergabung dengan kubu Prabowo-Sandi, karena ia mengaku Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo tak mengakomodir 'platform presiden' yang ia usulkan.

“Tahun 2004 saya menulis booklet yang judulnya Platform Presiden, siapapun yang terpilih jadi presiden di 2004 tolong lah untuk memperhatikan pointer-pointer ini, yang saya yakini perlu dilakukan. Tapi tidak ada respons sama sekali, tidak ada perhatian sama sekali,” kata Kwik di kediaman Prabowo, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin malam (17/9).

Bgaimana tanggapan dari PDIP terkait omongan Kwik?

1. PDIP menyatakan sudah mengakomodasi gagasan dari Kwik di program Jokowi

Kwik Mengaku Dicuekin Megawati dan Jokowi, Begini Reaksi PDIPIDN Times/Irfan Fathurohman

Terkait pernyataan Kwik tentang tidak adanya respons dari Megawati dan Jokowi pada platformnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto membantah pernyataan tersebut. Ia mengatakan PDIP sudah mengakomodasi beberapa gagasan yang dilontarkan Kwik.

"Pak Jokowi menjalankan konsepsi pembangunan dari pinggiran, pembangunan yang mengedepankan daya kreativitas, tapi juga kemampuan rakyat Indonesia untuk berproduksi dengan membangun infrastruktur. Itu kan juga merupakan bagian dari gagasan-gagasan dari Pak Kwik," jelas Hasto di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/9). 

Menurut Hasto, program-program Jokowi selama memimpin juga banyak mengakomodasi gagasan-gagasan dari Kwik. Sehingga, ia membantah gagasan Kwik tak didengar PDIP.

"Jadi kami bukan hanya mendengarkan, tapi kami malah melaksanakan itu," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Beberkan Strategi Gaet Hati Rakyat untuk Pipres 2019

2. PDIP tak permasalahkan kubu Prabowo-Sandi mengambil gagasan Kwik

Kwik Mengaku Dicuekin Megawati dan Jokowi, Begini Reaksi PDIPIDN Times/Irfan Fathurohman

Meski begitu, Hasto mengaku tidak mempermasalahkan, apabila kubu Prabowo-Sandiaga meminta Kwik untuk memberikan gagasannya tentang ekonomi Indonesia. Ia menilai hal tersebut dengan positif.

"Kalau kita lihat gagasan Pak Kwik kemudian diambil ya itu merupakan hal positif. Kami sudah menjalankan hal tersebut," ucap Hasto.

3. PDIP menyebut Kwik belum resmi berpindah kubu Prabowo-Sandi

Kwik Mengaku Dicuekin Megawati dan Jokowi, Begini Reaksi PDIPANTARA FOTO/IDN Times

Walaupun Kwik telah memberikan gagasannya kepada kubu Prabowo, Hasto mengungkapkan, Kwik belum memberikan keputusan, apakah akan berpindah ke kubu Prabowo atau tidak. Kwik hanya diundang untuk berdiskusi.

"Ya namanya gagasan-gagasan didiskusikan boleh-boleh saja. Jadi kita gak perlu ribut, apalagi kalau kita lihat tadi dari politik ekonominya dari Pak Kwik itu berbeda dengan politik ekonomi Pak Sandiaga Uno," kata Hasto.

Saling klaim jelang pemilu itu biasa. Yang gak biasa itu kalau klaim kesalahan sendiri, setuju guys?

Baca Juga: Dicuekin Megawati dan Jokowi, Kwik Kian Gie Akhirnya Dukung Prabowo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya