Mantan Danpaspampres Jokowi Agus Subiyanto Ditunjuk Jadi Wakasad

Menantu Luhut diangkat sebagai Pangkostrad

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menunjuk Mayjen TNI Agus Subiyanto sebagai Wakil Kepala Staf Angkasa Darat (Wakasad). Sebelumnya, Agus menjabat sebagai Komandan Pasukan Presiden (Danpaspampres) Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Penunjukkan Agus sebagai Wakasad tertuang dalam Keputusan Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Keputusan itu diteken Andika pada Jumat (21/1/2022).

“Wakasad dijabat oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Prantara Santosa dalam siaran persnya, Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga: Menantu Luhut, Mayjen Maruli Simanjuntak Ditunjuk Jadi Pangkostrad

1. Menantu Luhut, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak ditunjuk jadi Pangkostrad

Mantan Danpaspampres Jokowi Agus Subiyanto Ditunjuk Jadi WakasadPangdam Udayana, Bali, Mayjen Maruli Simanjuntak dan istrinya Paulina yang juga putri Luhut Pandjaitan (Tangkapan layar YouTube TNI AD)

Selain Agus, Andika juga menunjuk Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Maruli diketahui merupakan menantu dari Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Maruli menjadi salah satu dari 328 orang perwira tinggi (pati) TNI yang ditunjuk Andika menempati jabatan baru. Prantara menerangkan, dari 328 orang pati TNI, 28 orang di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan baru TNI yang diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

"Seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI," ujarnya.

2. Deretan Pangdam yang diganti Panglima TNI

Mantan Danpaspampres Jokowi Agus Subiyanto Ditunjuk Jadi WakasadPejabat baru Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) melakukan salam komando dengan pejabat lama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) usai upacara Serah Terima Jabatan Panglima TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (18/11/2021). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Tak hanya itu, Andika juga memutasi sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI. Ada juga sejumlah Panglima Kodam (Pangdam) yang dirotasi untuk menduduki jabatan baru.

Deretan Pangdam tersebut seperti  Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang dipromosikan menjadi Pangkostrad, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subianto yang dipromosikan menjadi Wakasad menggantikan Letjen TNI Bakti Agus Fadjari yang diangkat menjadi Danjen Akademi TNI.

Lalu ada Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa dimutasi menjadi Panglima Komando Pertahanan Wilayah (Pangkogabwilhan) III, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yugo Triyono diangkat menjadi Dankodiklatad menggantikan Letjen TNI AM Putranto yang memasuki masa pensiun, hingga Pangdam IV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno yang diangkat menjadi dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan).

3. Daftar 10 pati yang duduki jabatan jenderal bintang tiga

Mantan Danpaspampres Jokowi Agus Subiyanto Ditunjuk Jadi WakasadPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ANTARA FOTO/Biro Pers/Lukas)

Sementara itu, sebanyak 10 orang pati di antaranya akan menempati jabatan yang diemban jenderal bintang tiga. Daftarnya sebagai berikut:

1. Pangkogabwilhan 3 dijabat oleh Mayjen TNI Nyoman Cantiasa.

2. Danjen Akademi TNI dijabat oleh Letjen TNI Bakti Agus Fajari.

3. Wakasad dijabat oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto.

4. Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

5. Dankodiklatad dijabat oleh Mayjen TNI Ignatius Yogo.

6. Pangkoarmada dijabat oleh Laksdya TNI Agung Prasetiawan.

7. Komandan Pushidrosal dijabat oleh Laksdya TNI Nurhidayat.

8. Komandan Kodiklatal dijabat oleh Mayjen TNI Mar Hartono.

9. Pangkoopsudnas dijabat oleh Marsdya TNI Andyawan Martono.

10. Komandan Kodiklatau dijabat oleh Marsda TNI Nanang Santoso.

Baca Juga: Rekam Jejak Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut yang Jadi Pangkostrad

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya