Comscore Tracker

Menantu Luhut, Mayjen Maruli Simanjuntak Ditunjuk Jadi Pangkostrad

Panglima TNI Andika tunjuk Maruli sebagai Pangkostrad

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Maruli diketahui merupakan menantu dari Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Penunjukan Maruli sebagai Pangkostrad tertuang dalam Keputusan Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Keputusan itu diteken Andika pada Jumat (21/1/2022).

"Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Prantara Santosa dalam siaran persnya, Sabtu (22/1/2022).

1. Ada 328 perwira tinggi TNI yang tempati jabatan baru

Menantu Luhut, Mayjen Maruli Simanjuntak Ditunjuk Jadi PangkostradPangdam XI Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjutak (IDN Times/Ayu Afria)

Maruli menjadi salah satu dari 328 orang perwira tinggi (pati) TNI yang ditunjuk Andika menempati jabatan baru. Prantara menerangkan, dari 328 orang pati TNI, 28 orang didantaranya masuk kedalam jabatan satuan baru TNI yang diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

"Seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI," ujarnya.

Baca Juga: Panglima TNI Beri Sinyal Pangkostrad Bisa Diisi Jenderal Bintang Dua

2. Daftar 10 pati yang tempati jabatan jenderal bintang tiga

Menantu Luhut, Mayjen Maruli Simanjuntak Ditunjuk Jadi PangkostradPanglima TNI, Jenderal Andika Perkasa datang ke rumah Ketua DPD, La Nyalla Mattalitti, di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (24/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sementara itu, sebanyak 10 orang pati di antaranya akan menempati jabatan yang diemban jenderal bintang tiga. Daftarnya sebagai berikut:

1. Pangkogabwilhan 3 dijabat oleh Mayjen TNI Nyoman Cantiasa.
2. Danjen Akademi TNI dijabat oleh Letjen TNI Bakti Agus Fajari.
3. Wakasad dijabat oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto.
4. Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.
5. Dankodiklatad dijabat oleh Mayjen TNI Ignatius Yogo.
6. Pangkoarmada dijabat oleh Laksdya TNI Agung Prasetiawan.
7. Komandan Pushidrosal dijabat oleh Laksdya TNI Nurhidayat.
8. Komandan Kodiklatal dijabat oleh Mayjen TNI Mar Hartono.
9. Pangkoopsudnas dijabat oleh Marsdya TNI Andyawan Martono.
10. Komandan Kodiklatau dijabat oleh Marsda TNI Nanang Santoso.

3. Jabatan Pangkostrad dinilai tak bisa lepas dari dinamika politik

Menantu Luhut, Mayjen Maruli Simanjuntak Ditunjuk Jadi Pangkostradidntimes.com/Sukma Shakti

Mayjen Maruli diketahui menduduki posisi Pangkostrad yang ditinggalkan Jenderal Dudung Abdurachman, karena menjadi Kepala Staf AD (KSAD). Sebelumnya, menurut peneliti Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi, pengisian jabatan Pangkostrad tidak bisa terhindarkan dari dinamika politik.

Apalagi, penunjukkan Pangkostrad harus melalui persetujuan presiden. Tetapi, Fahmi kembali mewanti-wanti Presiden Joko "Jokowi" Widodo agar sosok Pangkostrad tidak dipilih semata-mata karena faktor kedekatan dengan kekuasaan maupun kekuatan politik tertentu.

"Toh siapa pun yang ditunjuk, gak akan ada resistensi sepanjang memenuhi syarat, kompeten, dan tidak punya riwayat karier yang buruk atau pernah melanggar hukum," ungkap Fahmi dalam keterangan tertulis, Sabtu 15 Januari 2022.

Sebenarnya, kata dia, bila faktor senioritas yang dijadikan pertimbangan memilih Pangkostrad, maka nama Mayjen Maruli akan tersingkir. Maruli yang merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 dianggap tidak akan menjadi pilihan utama, karena masih ada sederet seniornya yang sama-sama layak mengemban jabatan tersebut.

"Masih ada sejumlah senior di generasi Akmil 90-an yang juga layak, memiliki prestasi dan kaya pengalaman," ungkap Fahmi.

Baca Juga: Jenderal Andika Minta Korupsi Tabungan Perumahan TNI AD Diusut Tuntas

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya