Menristekdikti Curiga Aksi Mahasiswa Ditunggangi Pihak Lain

Mahasiswa diminta tak turun ke jalan

Jakarta, IDN Times - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir menduga aksi yang dilakukan para mahasiswa di sejumlah daerah  ditunggangi pihak lain. Nasir pun menduga ada sebagian mahasiswa yang ikut berdemo tidak tahu tuntutan mereka.

1. Menteri Nasir sebut sebagian mahasiswa ada yang menggerakkan

Menristekdikti Curiga Aksi Mahasiswa Ditunggangi Pihak LainIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Nasir mengatakan dirinya sudah melakukan pemantauan terhadap para mahasiswa yang akan melakukan demo. Ia mengatakan, sebagian dari mereka bahkan tidak tahu tuntutan yang dilakukan.

"Saya juga datang, datang kepada mahasiswa, apa sih yang didemokan, saya tanya. Kalau gak tahu, ikut-ikutan, ya ini ada yang menggerakkan ini," tutur Nasir di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (26/9).

Baca Juga: Kapolri: Korban Meninggal dalam Demonstrasi Bukan Mahasiswa 

2. Nasir belum mengetahui siapa yang menunggangi para mahasiswa

Menristekdikti Curiga Aksi Mahasiswa Ditunggangi Pihak LainIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Mengenai pihak mana yang menunggangi para mahasiswa, Nasir mengaku belum mengetahuinya. Meski begitu, dia meminta agar pihak tersebut tak membuat kekacauan di Indonesia.

"Saya gak tahu ini (pihak yang menunggangi). Siapa pun saya gak tahu. Yang penting adalah, jangan sampai membuat kekacauan di dalam negeri ini, kita pelihara bersama lah negara ini dengan baik," jelas Nasir.

3. Nasir minta rektor beritahu mahasiswa agar tak turun ke jalan

Menristekdikti Curiga Aksi Mahasiswa Ditunggangi Pihak LainIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Nasir mengimbau para rektor perguruan tinggi memberitahu para mahasiswa agar jangan turun ke jalan. 

"Kita masih ada waktu kan dialognya. Jadi jangan sampai menggerakkan. Yang membuat kekacauan ini gak boleh. Kekacauan nanti urusannya keamanan. Urusannya nanti bagian Polri dan TNI," kata Nasir.

4. Mahasiswa dianggap tak terdidik apabila turun ke jalan dan tidak bisa dikontrol

Menristekdikti Curiga Aksi Mahasiswa Ditunggangi Pihak LainANTARA FOTO/Basri Marzuki

Nasir berpesan agar mahasiswa tidak melakukan aksi lagi karena mereka adalah orang-orang akademik dan intelektual. Apabila para mahasiswa turun ke jalan dan tidak bisa dikontrol, maka Nasir menganggap mereka sama saja seperti orang yang tidak terdidik.

"Kami hanya mengimbau, mereka kan insan akademik, intelektual, orang -orang terpandang pendidikannya. Kalau mereka orang terpandang pendidikannya itu turun ke jalan, sehingga tak bisa dikontrol, apa bedanya nanti dengan tidak terdidik," ucapnya.

Baca Juga: Menteri Ancam Beri Sanksi Rektor yang Tak Bisa Cegah Mahasiswa Demo 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya