Comscore Tracker

Menteri Ancam Beri Sanksi Rektor yang Tak Bisa Cegah Mahasiswa Demo 

Rektor akan diberikan surat peringatan (SP)

Jakarta, IDN Times - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir menyebut, akan memberi sanksi kepada para rektor perguruan tinggi yang tidak bisa menindak mahasiswanya yang turun ke jalan melakukan aksi.

Menurut Nasir, apabila setiap perguruan tinggi tidak bisa menindak mahasiswanya yang ingin turun ke jalan melakukan aksi, maka yang harus bertanggung jawab adalah dosen dan rektornya.

"Rektornya ya, kami akan beri sanksi. Dosennya nanti rektor kan. Kalau dia (dosen) tidak menindak, ya rektornya akan kami tindak," kata Nasir di kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (26/9).

Baca Juga: Anies Baswedan: 19 Orang Dirawat di Rumah Sakit Imbas Demo Mahasiswa

1. Sanksi kepada rektor bisa surat peringatan (SP)

Menteri Ancam Beri Sanksi Rektor yang Tak Bisa Cegah Mahasiswa Demo IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait sanksinya seperti apa, Nasir menyebut akan melihat dulu gerakannya. Apabila gerakan mahasiswa sudah merugikan negara, maka para rektor akan diberi sanksi surat peringatan (SP).

"Nanti akan kita lihat sanksinya ini. Gerakannya seperti apa. Kalau dia mengerahkan ya dengan sanksi keras ada dua, bisa dalam hal ini peringatan SP1, SP2," ujar Nasir.

"Nah kalau dalam hal ini menyebabkan kerugian pada negara, semuanya ini bisa tindakan hukum. Nanti dosen rektor yang bertanggung jawab," sambung dia.

2. Rektor diminta hentikan mahasiswa untuk demo

Menteri Ancam Beri Sanksi Rektor yang Tak Bisa Cegah Mahasiswa Demo IDN Times/Muhammad Iqbal

Nasir melanjutkan, sudah memerintahkan direktur jenderal (dirjen) Kemendikbud untuk menyampaikan kepada seluruh rektor di perguruan tinggi, untuk meminta mahasiswa mereka tak lagi melakukan demo.

"Ajaklah dialog dengan baik, gak ada artinya. Nanti jangan sampai saya khawatir apa yang dia lakukan, niat baik ditunggangi oleh pihak-pihak yang tidak jelas. Ini yang jangan sampai terjadi," terang dia.

3. Menristekdikti akan pantau perkembangan perguruan tinggi

Menteri Ancam Beri Sanksi Rektor yang Tak Bisa Cegah Mahasiswa Demo IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Nasir mengatakan, akan memantau perkembangan perguruan tinggi ke depannya. Dia juga akan melakukan pendekatan persuasif kepada mahasiswa.

"Saya anjurkan mahasiswa kembali ke kampus untuk kuliah yang baik. Supaya kita bisa menjadi lulusan yang baik yang bisa berkualitas, memiliki daya saing. Negara lain sudah bersaing untuk era digital yang baik, kita masih turun di jalan. Nah ini yang penting," tutur Nasir.

Baca Juga: Dokter Ini Rayu Massa Sudahi Demo, Malah Dijawab: Maju, Jangan Mundur!

Topic:

  • Sunariyah

Just For You