Comscore Tracker

PPKM Diperpanjang Hingga 1 November, 54 Kabupaten/Kota Masuk Level 2 

Jabodetabek masih di level 2

Jakarta, IDN Times - Pemerintah kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 1 November 2021. Selama masa perpanjangan PPKM, terdapat 54 kabupaten/kota yang masuk di level dua.

"Mulai besok akan ada 54 kabupaten/kota di level dua dan 9 kabupaten/kota di level 1. Terkait detail mengenai keputusan ini akan dituangkan melalui Inmendagri," kata Luhut dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/10/2021).

Baca Juga: PPKM di Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 8 November 2021

1. Luhut katakan Jabodetabek tidak turun level karena cakupan vaksinasi belum penuhi target

PPKM Diperpanjang Hingga 1 November, 54 Kabupaten/Kota Masuk Level 2 Luhut Binsar Pandjaitan. (maritim.go.id)

Untuk wilayah Jabodetabek, Luhut menyampaikan belum ada penurunan level. Alasannya, lantaran cakupan vaksinasi di Kabupaten Bogor dan Tangerang belum mencapai target. Sehingga, masih berada di level 2.

“Sebagai contoh, sebagian besar kabupaten/kota di wilayah Jabodetabek yang seharusnya bisa turun ke level 2 tidak bisa turun level karena cakupan vaksinasi di Kabupaten Bogor dan Tangerang belum mencapai target,” jelas Luhut.

Baca Juga: Langgar PPKM, Holywings Tebet Ditutup Sepekan dan Didenda Rp50 juta

2. Luhut klaim kasus COVID-19 terus menurun di RI

PPKM Diperpanjang Hingga 1 November, 54 Kabupaten/Kota Masuk Level 2 Warga beraktivitas di zona merah COVID-19 RT 006 RW 01, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini mengklaim situasi pandemik di Indonesia terus terkendali. Dia menyebut kasus konfirmasi positif di Jawa-Bali turun hingga 99 persen.

“Selain itu, angka reproduksi efektif Bali akhirnya turun di bawah 1, mengikuti angka nasional dan pulau Jawa, yang mengindikasikan terkendalinya pandemik COVID-19,” ujar Luhut.

3. Luhut sebut kasus aktif di RI capai 18 ribu

PPKM Diperpanjang Hingga 1 November, 54 Kabupaten/Kota Masuk Level 2 Warga beraktivitas di zona merah COVID-19 RT 006 RW 01, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Tak hanya itu, Luhut juga mengungkapkan rendahnya kasus konfirmasi positif membuat kasus aktif di Indonesia juga menurun. Saat ini, terdapat kasus aktif sebanyak 18 ribu secara nasional.

“Jauh menurun dibandingkan lebih dari 570 ribu kasus aktif pada puncak varian Delta,” terang Luhut.

Baca Juga: Luhut Akui Sempat Ditawari Berbisnis di Papua Tapi Batal, Kenapa?

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya